Pemerintah Kabupaten Bogor mengajukan bantuan hibah berupa bus listrik kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk beroperasi dengan rute Sirkuit Sentul-Pakansari-Bojonggede.

"Kami sedang mengajukan bantuan untuk bus listrik tersebut kepada Pemprov Jawa Barat. Rencananya itu (beroperasi) mulai dari Tugu Pancakarsa, Pakansari, Pemda hingga ke Bojonggede," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Agus Ridhallah di Cibinong, Bogor, Selasa.

Ia mengajukan bantuan sebanyak sembilan unit bus listrik untuk digunakan sebagai layanan Bus Rapid Transit (BRT) di Kabupaten Bogor.

Baca juga: TransJakarta berencana tambah 190 bus listrik pada 2023 dukung kualitas udara Jakarta

Menurut Agus, upaya pendirian koridor bus listrik tersebut adalah untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Kabupaten Bogor dan membiasakan masyarakat beralih ke angkutan massal.

"Ini untuk angkutan massal sebagai upaya mengurai kemacetan dan efisiensi warga karena itu mobil listrik. Selain mengurai macet juga meminimalisir biaya transportasi," ujar Agus.

Semula, bantuan bus listrik tersebut akan direalisasikan pada tahun 2023 melalui APBD Perubahan Pemprov Jawa Barat. Namun, bantuan tersebut urung dilakukan.

Agus juga mengaku belum mengetahui pasti berapa anggaran yang digelontorkan Pemprov Jawa Barat jika pengajuan tersebut direalisasikan.

"Mudah-mudahan tahun ini ya rencana tersebut bisa direalisasikan," tuturnya.

Baca juga: UI tawarkan bus listrik untuk kendaraan ramah lingkungan

Di sisi lain, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menargetkan layanan bus Buy The Service (BTS) dengan rute Cibinong, Kabupaten Bogor, ke Ciparigi, Kota Bogor dapat beroperasi pada Februari 2024.

"Februari insha Allah (beroperasi), kira-kira satu koridor selesai," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPTJ Suharto.

Ia memperkirakan, dengan target penyediaan layanan BTS setiap 10 menit di rute Cibinong-Ciparigi, maka pihaknya memperkirakan koridor tersebut membutuhkan sekitar 15 unit bus.

Baca juga: Bus Listrik Merah Putih UI ikut serta sukseskan KTT G20

Menurut dia, melalui layanan BTS di koridor tersebut maka penyediaan angkutan umum di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor kini terintegrasi.

"Nanti tugas kita mengintegrasikan dari sini (Cibinong) sampai sana (Sentul) tapi tahap awal kita dari Cibinong ke Ciparigi yang langsung Kota Bogor, insha Allah ke depan sampai ke Cisarua," beber Suharto.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024