Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan pihaknya terus memperkuat soliditas dan sinergitas lintas sektoral salah satunya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi sebagai upaya untuk menjadi pelaksanaan Pemilu 2024 aman.

"Kami menjamin keamanan pelaksanaan pemilu yang digelar serentak pada 14 Februari mendatang, tetapi dalam pengamanan ini tentunya kami tidak bisa bekerja sendiri tetapi butuh kerjasama dengan instansi lintas sektoral," katanya di Sukabumi pada Kamis.

Menurut Ari, pihaknya sudah menerima kunjungan komisioner KPU Kota Sukabumi yang baru saja dilantik dalam rangka koordinasi terkait pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali ini.

Baca juga: Kapolres Sukabumi Kota: Rekayasa arus lalu lintas bersifat situasional

Pada kesempatan itu, pihaknya juga memaparkan terkait strategi dan langkah-langkah dalam upaya pengamanan pemilu. Polres Sukabumi Kota pun telah menyiapkan personel untuk ditempatkan di sejumlah titik rawan gangguan kamtibmas.

Di tempat yang sama, Kasatgas Humas Operasi Mantap Brata Lodaya Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih menambahkan dengan memperkuat soliditas dan sinergitas lintas sektoral merupakan hal positif untuk meminimalisasikan terjadinya gangguan keamanan menjelang dan pasca-pelaksanaan pemilu.

"Kami berharap yakin semakin solid sinergi antar-Instansi maupun dengan elemen masyarakat dapat mendukung terciptanya kondusifitas kamtibmas, sehingga Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman dan damai," tambahnya.

Baca juga: Kapolres Sukabumi Kota pastikan kesiapan seluruh personel untuk amankan Natal

Ia menuturkan, Polres Sukabumi Kota sebagai unsur pengamanan terus berupaya untuk memelihara situasi kamtibmas di semua tahapan pemilu dengan berbagai cara preventif dan preemtif kepolisian.

Kemudian melakukan kegiatan patroli rutin ke beberapa obyek vital maupun lokasi rawan. Memberikan pengetahuan mengenai peraturan maupun perundang-undangan serta mengajak masyarakat untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas. Cara tersebut merupakan upaya cooling system yang dilakukan pihaknya menjelang pemilu.

Sementara, Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan sinergitas antara KPU Kota Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota yang telah terjalin dengan baik dapat mendukung proses demokrasi serta bisa menjaga kondusifitas daerah.

Baca juga: Kapolres: Rotasi jabatan untuk tingkatkan profesionalisme personel

Tentunya kerjasama dan koordinasi ini harus terus dijalin dan diperkuat melalui komunikasi yang efektif dalam menjaga keamanan dan kelancaran jalannya pelaksanaan pemilu, karena pada tahun ini masyarakat Kota Sukabumi tidak hanya memilih calon Presiden dan Wakil Presiden RI dan calon anggota legislatif saja, juga beberapa bulan kemudian mulai memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024