Jakarta, (Antara Megapolitan) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiska (BMKG) Andi Eka Sakya dan Bupati Pinrang, Sulawesi Selatan Aslan Patonangi, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pemanfaatan Data dan informasi Meteorologi Maritim Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pinrang.

"Referensi dari BMKG dijadikan andalan dalam menunjang sektor sektor unggulan dan untuk pelaksanaan mitigasi bencana di Kabupaten Pinrang," kata Bupati Kabupaten Pinrang Aslan Patonangi dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Ruang lingkup Mou ini, meliputi pertama pemanfaatan data informasi meteorologi maritim untuk mndukung pembangunan kabupten pinrang, kedua pengelolaan sekolah lapang iklim untuk nelayan.

Selain itu juga pemberian pemahaman dasar berupa pelatihan di bidang meteorologi maritim, pemanfaatan sarana dan prasarana, kegiatan lain yag masih dalam lingkup kesepakatan bersama.

Penandatanganan MoU bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Pinrang yang ke-57 dan Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi Selatan menyaksikan langsung penandatangan tersebut.

Sejak tahun 2016, BMKG telah berpartisipasi dalam pelaksanan kegiatan Sekolah Lapang Phronima Suppa yang mana BMKG memberikan sosialisasi tentang informasi cuaca dan iklim.

Hasil dari sekolah lapang ini adalah meningkatnya produksi udang di pinrang hingga sekitar 350 persen hingga membuat kabupaten Pinrang berhasil melakukan ekspor udang ke Jepang.

Selain penandatangan MoU, juga ditandatangani Perjanjian Kerjasama tentang "pemanfaatan data dan informasi meteorologi maritim untuk mendukung peningkatan produksi perikanan di Kabupaten Pinrang" yang ditandatangani oleh Kepala Balai MKG Wilayah 4 Makassar, A.Fachri Radjab dengan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pinrang, Ir. Budaya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017