Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Riau menjaring sebanyak 22 pengunjung di tempat hiburan malam yakni J-Mex di Kota Dumai yang terdeteksi positif menggunakan narkoba setelah tes urin kepada pengunjung.

"Seluruh pengunjung yang positif menggunakan narkoba dilakukan asesmen dan dibawa ke Kantor BNNP Riau Jalan Pepaya, Pekanbaru," kata Kepala Bidang Pemberantasan Pemberantasan dan Intelijen BNNP Riau Kombes Pol C P Sinaga, SIK MH, kepada media di Pekanbaru, Senin.

Menurut Sinaga, tes urin pengunjung tersebut dilakukan pada Sabtu (24/12) menyasar sebanyak 68 pengunjung J-Mex, namun terjaring 22 pengunjung dengan urin mereka mengandung narkoba.

Baca juga: BNNP Jateng catat ada 117 desa berkategori bahaya narkoba

Ia menyebutkan kegiatan tes urin tersebut merupakan upaya BNNP Riau untuk melaksanakan kegiatan pengawasan pada kawasan rawan narkotika berkaitan dengan upaya pengamanan Natal 2023 pada tempat hiburan malam.

"Karena itu untuk menanggulangi tindak pidana narkotika, BNN mengutamakan bidang pencegahan," katanya.

Dalam bidang pencegahan ini, katanya, BNN sudah melakukan pencegahan di semua lingkungan, baik di instansi pemerintah, masyarakat, keluarga maupun organisasi, dan hampir pada semua lingkungan tersebut sudah diberi pelatihan tentang bahaya narkotika.

Baca juga: Awas, ada ancaman 800 jenis narkotika baru

Dengan demikian, katanya lagi, BNNP Riau berharap bisa menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari narkoba.

Untuk seluruh pengunjung yang positif diwajibkan melaksanakan rawat jalan di Klinik Pratama BNN Kota Dumai.

"BNNP Riau serius melakukan upaya pencegahan karena penggunaan narkoba secara ilegal dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh dan sistem syaraf pusat, serta meningkatkan risiko gangguan mental," katanya.

Baca juga: BNN Perketat Pengawasan Peredaran Obat Kuning

Selain itu, Sinaga menambahkan, penyalahgunaan narkoba juga memiliki dampak sosial yang luas, termasuk gangguan hubungan pribadi, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan dan keterlibatan dalam kejahatan. ***2***T.F011

Pewarta: Frislidia

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023