Sejumlah mahasiswa asing hingga pejabat publik mengikuti upacara wisuda UMS Program Sarjana (S1), Program Magister (S2), Program Doktor (S3) Periode II Tahun Akademik 2023/2024 di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Kepala Biro Administrasi Akademik Universitas Muhammdiyah Surakarta Triyono mengatakan ada dua mahasiswa asing yang mengikuti wisuda kali ini, yakni dari Thailand yang merupakan lulusan Program Studi Bahasa Inggris dan satu dari Mesir lulusan Prodi Magister Ekonomi Syariah.

Secara keseluruhan jumlah wisudawan yang mengikuti upacara kelulusan periode dua tahun ini tersebut sebanyak 1.452 orang, dengan rincian 1.364 wisudawan strata satu, 78 wisudawan dari program magister, dan sepuluh wisudawan dari program doktoral.

Baca juga: UMS hanya akan terima 180 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran
Baca juga: Ekonom UMS sebut Indonesia perlu lakukan diversifikasi energi, kurangi energi fosil

"Dari jumlah ini, sebanyak 430 wisudawan di antaranya lulus dengan predikat cumlaude," katanya.

Ia mengatakan wisuda kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena lulusan program doktoral diwisuda bersamaan dengan wisudawan lain.

"Kalau sebelumnya kan wisuda untuk program doktoral dilaksanakan terpisah. Insya allah ke depan, seterusnya untuk program doktoral akan diwisuda bersama," katanya.

Ia mengatakan hal itu dilakukan karena esensi wisuda tidak membedakan program S1, S2, atau S3, sehingga selanjutnya akan dilaksanakan bersamaan dengan wisuda reguler.

Baca juga: Pengembang UMS siapkan hunian yang berkualitas dan tertata

Sementara itu, wisuda juga diikuti oleh pejabat publik, yakni Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas. Mantan Kapolres Sukoharjo tersebut berhasil menyelesaikan pendidikan doktoralnya di bidang Ilmu Hukum.

Ia mengikuti pendidikan doktoral di UMS sejak tahun 2020. Menurut dia, selama belajar di UMS ia tidak saja memperoleh ilmu pengetahuan tetapi juga soal akhlak.

"Komitmen dan konsekuensi serta profesionalisme itu datang dari akhlak. Itu manfaat yang saya dapat di sini," katanya.
 

Pewarta: Aris Wasita

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023