Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan loket penjualan tiket dan pelayanan pelanggan di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan menempati gedung baru mulai 20 Desember 2023.

"Demikian pula dengan akses flow pengguna yang akan masuk menuju Stasiun Purwokerto dipindah ke gedung baru yang berlokasi di Jalan Kober," katanya di Purwokerto, Sabtu.

Dia mengatakan akses pintu masuk menuju area peron Stasiun Purwokerto secara bertahap akan dialihkan seluruhnya melalui bangunan baru yang berada di sisi timur stasiun.

Baca juga: KAI Daop 5 Purwokerto tingkatkan pengawasan jalur rel yang rawan gangguan

Dalam hal ini, kata dia, calon penumpang kereta api yang turun di gedung baru selanjutnya akan melewati skybridge dan eskalator untuk tiba di area peron Stasiun Purwokerto guna menunggu kedatangan KA di ruang tunggu berdinding kaca yang sebelumnya sudah digunakan oleh pelanggan.

"Ruang tunggu kaca ini dilengkapi dengan toilet dan arena bermain anak serta berdekatan dengan mushala," katanya.

Lebih lanjut, Feni mengatakan pemindahan loket dan layanan pelanggan ke gedung baru tersebut dilakukan karena proyek pengembangan Stasiun Purwokerto saat sekarang telah memasuki tahap akhir.

Baca juga: KAI Daop 5 Purwokerto komitmen berikan layanan terbaik bagi pelanggan KA

Menurut dia, pengembangan Stasiun Purwokerto dilakukan karena KAI Purwokerto berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pelanggan.

Dia mengharapkan pengoperasian gedung baru tersebut makin meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan kereta api mengingat volume rata-rata pengguna yang masuk Stasiun Purwokerto mencapai 2.900 orang per hari dan jumlah tersebut akan meningkat pada hari libur.

"Kami akan menyiapkan petugas untuk membantu pengaturan flow penumpang dan memudahkan pelanggan selama masa sosialisasi," katanya.

Baca juga: KAI: 10 KA berhenti luar biasa di Daop 5 Purwokerto pascagempa magnitudo 6,4 di Bantul DIY

Kendati demikian, dia mengimbau pengguna kereta api untuk dapat memanfaatkan akses Pintu Barat Stasiun Purwokerto

KAI Daop 5 Purwokerto juga mengimbau kepada pelanggan KA untuk dapat memanfaatkan akses Pintu Barat Stasiun Purwokerto guna menghindari kepadatan kendaraan yang sering terjadi di depan Stasiun Purwokerto saat frekuensi keberangkatan dan kedatangan KA cukup tinggi

"Pintu Barat Stasiun Purwokerto juga terhubung dengan akses layanan taksi dan transportasi daring lainnya," kata Feni.

Pewarta: Sumarwoto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023