Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melaksanakan wisuda 872 mahasiswa tingkat sarjana, magister dan doktor. di Gedung Puri Begawan Kota Bogor, Selasa (12/12).

Rektor UIKA Bogor, Profesor Mujahidin mengatakan pihaknya sangat bersyukur di setiap tahun Uika Bogor terus menorehkan prestasi gemilang di berbagai jenjang. Baik secara level nasional maupun internasiol.

Tak hanya itu, jumlah mahasiswa yang mendaftar ke UIKA Bogor juga mengalami peningkatan sejak 2021 hingga 2023.

"Pada 2021, jumlah pendaftar ada 2276, kemudian di 2022 naik menjadi 2.534, selanjutnya naik lagi menjadi 3.199," kata E. Mujahidin dalam sambutannya, Selasa (12/12).

Baca juga: UIKA Bogor lepas 14 mahasiswa peserta KKN internasional ke Thailand

Selain itu, jumlah mahasiswa penerima beasiswa di UIKA Bogor juga terus meningkat di 2023 ini. Tercatat pada tahun ini jumlah mahasiswa penerima beasiswa mencapai 959, di mana pada tahun 2021 hanya berjumlah 265.

"Alhamdulillah di tahun ini juga mahasiswa-mahasiswi kami banyak yang berprestasi. Ada yang berprestasi di level internasional sebanyak 14 orang, level nasional 39 orang, level provinsi 8 dan prestasi level regional 29 orang," ucapnya.

Mujahidin mengatakan para wisudawan telah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup, sehingga sudah seharusnya untuk menerapkan ilmu tersebut kepada masyarakat.

"Ilmu yang sudah diberikan harus digunakan sebaik mungkin agar bisa berkontribusi lebih optimal dalam meningkatkan kualitas SDM menuju Indonesia Emas 2045," katanya.

Baca juga: Rektor UIKA raih predikat pemimpin PT terbaik kedua se-Indonesia

Selain itu pihak kampus selalu aktif mendorong mahasiswa agar bisa aktif di dunia organisasi. Lewat organisasi, mahasiswa belajar tata kelola, negosiasi, hingga ikut kompetisi diberbagai tingkat.

Apalagi saat ini sudah ada program MBKM yang membantu mahasiswa berkembang secara optimal.

"Keterampilan akademik dan non-akademik selama menjadi mahasiswa ini sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja dan dunia enterpreuner," jelasnya.

Mujahidin berharap agar ke depannya wisudawan masih akan terus belajar dan mengembangkan diri karena pengetahuan akan selalu berkembang.

Selain itu wisudawan harus tetap menjaga karakter, nilai, dan budi pekerti yang kuat. Agar bisa berkontribusi terhadap masyarakat.

Baca juga: UIKA sambut 170 mahasiswa pascasarjana enam prodi

"Jadilah sarjana yang memberikan pencerahan kepada masyarakat dan selalu dapat menjadi contoh yang baik di manapun kalian berada," pesannya.

Selain itu, di setiap tahunnya UIKA Bogor juga memberikan penghargaan kepada para tokoh yang telah berkontribusi memajukan Kota Bogor lewat program UIKA Award.

"Tahun ini kami memberikan dua sertifikat kepada dua tokoh di antaranya kepada Bapak Bima Arya selaku Wali Kota Bogor yang selama beliau menjabat kami nilai telah sukses memberikan kontribusi bagi kemajuan Kota Bogor dengan berbagai inovasi dengan karya inovatifnya," ucapnya.

Pihak UIKA, kata dia, mencatat ada 368 penghargaan yang telah beliau raih, di antaranya 11 penghargaan regional, 132 penghargaan provinsi dan 20 penghargaan lainya, serta 25 penghargaan nasiona dan internasional.

"Kami yakin di balik itu semua banyak pekerjaan Pemkot Bogor yang menghasilkan karya lainnya. Oleh karenanya UIKA di akhir masa jabatan beliau, memberikan penghargaan sebagai Tokoh Inovator dan Inspirator Tahun 2023," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023