Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Jawa Barat Siti Chaerijah Aurijah mengatakan sekolah-sekolah juga perlu membangun zona integritas antikorupsi.

"Karena sekolah memiliki fungsi strategis dalam upaya pencegahan praktik korupsi," kata Siti Chaerijah di Depok, Jumat.

Menurut dia, pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada siswa terkait pendidikan antikorupsi melalui mata pelajaran.

Baca juga: Maruf Amin: Komitmen pemberantasan korupsi jangan hanya formalitas
Baca juga: Kantor Pertanahan Bekasi deklarasikan anti korupsi wujudkan zona integritas

Dikatakannya di mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) akan sisipkan pelajaran terkait antikorupsi. Namun tidak menutup kemungkinan, bisa juga disisipkan dalam mata pelajaran lainnya.

Dijelaskannya, wacana ini juga untuk mendukung program Inspektorat Daerah Kota Depok dalam pencegahan korupsi dengan sasaran sekolah, baik negeri maupun swasta.

Menurut dia zona integritas antikorupsi perlu dibangun di setiap lembaga, tidak terkecuali di sekolah. Dengan pendidikan sejak dini, bisa mencegah terjadinya korupsi. Terlebih saat ini Disdik telah memiliki Modul Pendidikan Antikorupsi.

Baca juga: Pemkab Bekasi canangkan zona integritas WBK-WBBM pada lima OPD

Siti berharap, dengan adanya modul ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta didik tentang integritas dan bahaya korupsi.

Tentunya agar tindakan korupsi bisa dicegah sedini mungkin, terutama dalam dunia pendidikan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023