Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bersama DPRD setempat menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 senilai Rp10 triliun.

Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Jumat, menyebutkan bahwa penetapan APBD 2024 melalui Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Bogor Kamis (30/11) malam.

Ia menjelaskan bahwa pendapatan daerah ditargetkan lebih dari Rp9 triliun dan belanja daerah ditetapkan Rp10 triliun dan terdapat selisih yang akan ditutup dengan pembiayaan daerah.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor perkirakan APBD 2024 meningkat capai Rp10 triliun
Baca juga: Pemkab-DPRD Bogor sepakati APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 pada rapat paripurna Sabtu malam

"Komposisi belanja publik tetap mendominasi dalam postur belanja daerah. Dengan mengalokasikan anggaran pendidikan sekitar 20 persen dari total belanja daerah. Serta belanja infrastruktur mencapai 40 persen dari total belanja daerah," terang Iwan.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menegaskan APBD 2024 tidak lagi dijalankan oleh Bupati Iwan Setiawan, melainkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bogor yang ditentukan Menteri Dalam Negeri RI pada pertengahan Desember 2023.

"Pada intinya kami ingin program yang sudah baik dijalankan oleh Bupati baik Bu Ade Yasin dan Pak Iwan Setiawan bisa berlanjut tahun 2024. Siapapun Pj Bupati nanti, kami akan mendukung. Salah satunya dengan menyiapkan anggaran dam program kegiatan yang sudah baik," kata Rudy.

Baca juga: DPRD dan Pemkab Bogor tetapkan APBD Perubahan 2023 Rp9,72 triliun

Dalam Sidang Paripurna tersebut, tidak hanya menyetujui APBD 2024. Agenda lainnya yakni, Penetapan Keputusan DPRD Kabupaten Bogor terhadap Program Pembentukan Daerah (Propemperda) 2024, Penetapan Persetujuan Bersama DPRD dengan Bupati Bogor terhadap Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Raperda tentang Pembentukan Kecamatan.

Agenda lainnya yaitu, Penetapan Keputusan DPRD terhadap Persetujuan Tukar Menukar Tanah dan Bangunan SMPN 03 Gunungputri di Desa Ciangsana oleh PT Kurnia Subur Permai. Kemudian Pengumuman Akhir Masa Jabatan Bupati Bogor dan Penyampaian Permohonan Tukar Menukar Tanah milik Pemkab Bogor.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023