Pohon besar di ruas Jalan Ir Djuanda Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Senin pukul 15.35 WIB, roboh setelah diterjang angin kencang dan hujan di daerah itu.
 
"Beruntung, pohon roboh itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Lebak, Senin.
 
Selama ini, cuaca buruk melanda wilayah Kabupaten Lebak sehingga masyarakat maupun pengendara kendaraan agar tetap waspada guna mengurangi risiko kebencanaan.
 
Cuaca buruk yang menerjang wilayah Kabupaten Lebak, selain pohon roboh juga sebuah rumah warga mengalami kerusakan.

Baca juga: Pohon tumbang putus sementara Jalan Cianjur menuju Bandung
 
Oleh karena itu, BPBD Lebak telah memperingatkan dan kewaspadaan dini agar tidak menimbulkan korban jiwa.
 
"Kami memperkirakan cuaca buruk itu akan terjadi beberapa pekan ke depan, karena memasuki musim pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan," kata Febby.
 
Pohon roboh yang di ruas Jalan Ir Djuanda Rangkasbitung membuat jalan ditutup dan tidak bisa dilintasi berbagai angkutan dan kendaraan.
 
Mereka petugas kebencanaan melibatkan 10 personil, TNI, Polisi, Satpol PP, dan warga setempat bahu-membahu untuk mempercepat pembersihan pohon batang dan ranting dengan menggunakan mesin gergaji agar jalan bisa dilintasi kendaraan.

Baca juga: Tiga pohon tumbang akibat hujan disertai angin di Solear Tangerang
 
"Kami berharap secepatnya pohon roboh itu kembali bersih," kata Febby.
 
Ia mengimbau masyarakat yang mengendarai kendaraan, sebaiknya beristirahat jika hujan lebat disertai angin kencang dan petir guna mengurangi risiko kebencanaan.
 
Saat ini juga banyak pohon yang sudah tua di tepi jalan protokol maupun jalan raya dan berpotensi terjadi tumbang serta roboh.
 
"Kita lihat di tepi jalan raya banyak pohon terdapat pohon yang usianya mencapai puluhan tahun," katanya.

Baca juga: Pohon tumbang sebabkan rumah rusak di Bogor
 
Sementara itu Nurdin (45), seorang pengemudi, mengatakan terpaksa istirahat sambil menunggu pohon yang tumbang itu sudah dibersihkan.
 
"Kami sudah memahami jika curah hujan lebat disertai angin kencang, lebih baik istirahat karena khawatir terdampak pohon roboh," kata Nurdin.*

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023