Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerima sebanyak 42.321 kotak suara dari penyelenggara pusat (KPU RI) untuk kebutuhan Pemilu Serentak 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Ridho mengatakan pasokan kotak suara ini sudah sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan Pemilu 2024 di daerah itu.

"Alhamdulillah sudah mencukupi kalau kita lihat dari komposisi 8.417 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dikalikan lima kotak suara per TPS maka ada 42.321 kotak suara," katanya di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Pemkab Bekasi bangun gudang logistik KPU daerah
Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi gencar sosialisasi tingkatkan partisipan pada Pemilu 2024

Dia mengatakan ribuan kotak suara ini akan dibentuk untuk kemudian ditempatkan di tiga ruangan berbeda yang telah disediakan di gudang penyimpanan sementara logistik pemilu.

"Karena kami memang masih menanti gudang penyimpanan logistik selesai dibangun oleh pemerintah daerah. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah selesai dan dapat dipergunakan," katanya.

Ia mengaku kotak suara untuk pemilu 2024 ini lebih kuat dan kokoh jika dibandingkan dengan kotak suara pada Pemilu 2019 sehingga tidak rusak saat disusun bertingkat satu sama lain.

"Kami nyatakan telah layak bahkan lebih baik. Bahan dari kotak suara kali ini lebih kokoh dibanding bahan kotak suara pada Pemilu 2019," ucapnya.

Baca juga: KPU tetapkan 854 nama masuk DCT Pemilu 2024 anggota DPRD Kabupaten Bekasi

Ridho menyatakan tiga logistik Pemilu 2024 lain juga didatangkan bersamaan dengan penerimaan kotak suara pada hari ini antara lain bilik suara, tinta, serta segel kotak suara.

"Jadi total ada empat item logistik pemilu yang tiba perdana hari ini. Selain kotak suara, ada pula bilik, tinta, serta segel kotak suara," katanya.

KPU Kabupaten Bekasi masih menunggu logistik lain dari KPU RI. Sesuai rencana, tahap berikut adalah pengiriman format formulir pasangan calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif.

"Kalau untuk tahapan distribusi nanti ya. Kami juga masih mengikuti proses pencetakan surat suara, menunggu selesai dikerjakan oleh percetakan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023