Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berperan besar dalam percepatan penurunan stunting.

"Kita apresiasi pada IDI, para dokter ini sudah terlibat dalam intervensi gizi terpadu serta berjibaku dalam pendampingan keluarga risiko stunting di kabupaten dan kota juga pada audit kasus stunting," ujar dia saat menghadiri rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-3 IDI di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis.

Selama menjabat sebagai kepala daerah hingga menjadi kepala BKKBN, ia mengaku menjumpai banyak ketimpangan karena tidak sedikit jumlah organisasi profesi yang tidak profesional.

Baca juga: BKKBN: Audit untuk temukan akar kasus stunting agar intervensi lebih spesifik
Baca juga: Bapanas keja sama dengan BKKBN salurkan telur dan daging ayam untuk tangani stunting

"Saya sedih karena banyak organisasi profesi yang tidak profesional, tidak pernah bicara tentang kemajuan profesi bagi anggotanya, akan tetapi organisasi tersebut lebih dipakai untuk berpolitik praktis dan berebut kekuasaan," katanya.

Akan tetapi, kata Hasto, hal tersebut tidak ada pada IDI karena menjadi organisasi yang baik dan berfungsi sebagai organisasi pembelajaran.

Ia mengatakan anggota IDI saling terbuka menyampaikan pendapat dan melakukan perdebatan substansial dalam ruang lingkup profesi dan produktif di bidangnya.

Oleh karena itu, kata dia, IDI terus memberikan edukasi publik terutama untuk kelompok tempat sebaya dan masyarakat luas pada umumnya.

Baca juga: BKKBN gencarkan makan telur dan ikan lele untuk penuhi gizi anak cegah stunting

Ketua Umum Pengurus Besar IDI Mohammad Adib Khumaidi menjelaskan rakernas tersebut untuk mengembangkan pembangunan sumber daya manusia di bidang kedokteran medis sebagai bagian upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

Ketua IDI Wilayah Sulawesi Tenggara La Ode Rabiul Awal yang biasa disapa sebagai dokter Wayong mengatakan IDI organisasi yang sahih sehingga apapun tantangan yang ada akan menjadikan lebih solid dan tidak goyah.

Pewarta: Abdul Azis Senong

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023