Sukabumi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat meluncurkan progam laporan elektronik atau e-Lapor yang merupakan fasilitas untuk masyarakat mengadukan tentang pelayanan pemerintah setempat.

"Progam ini untuk perbaikan pelayanan publik, sebab selama ini berbagai keluhan masyarakat sering disampaikan melalui media sosial," kata Seketaris Daerah Kota Sukabumi Hanafie Zein di Sukabumi, Rabu.

Progam ini akan mengintegrasikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Sukabumi, sehingga jika ada laporan masyarakat bisa langsung ditanggapi oleh dinas terkait.

Selain itu, e-Lapor ini juga merupakan salah satu tempat untuk sosilisasi kegiatan pembangunan maupun pelayanan setiap SKPD. Namun demikian walaupun sudah ada progam ini tetap harus aktif di media sosial.

Menurut dia setiap informasi yang diberikan harus benar, akurat serta bermanfaat bagi semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Dengan adanya program e-Lapor ini, dipastikan banyak laporan dari berbagai pihak baik yang bersifat positif maupun yang negatif.

Sehingga apapun laporan yang masuk harus segera ditindaklanjuti dan ditangani secara obyektif dan bijak sekaligus diberikan informasi dan solusinya agar bisa mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan.

"Progam ini merupakan amanat dari pemerintah pusat yang direalisasikan di daerah dan Kota Sukabumi merupakan daerah ke enam di Indonesia yang sudah melaksanakan e-Lapor," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi Gabriel M Sukarman mengatakan program e-Lapor ini merupakan salah satu program yang sudah dilaksanakan Presiden Joko Widodo.

Namun hingga saat ini, baru ada 5 daerah yang sudah menerapkannya, sehingga Kota Sukabumi merupakan yang keenam. Program e-Lapor ini menjadi salah satu unggulan di Indonesia karena berbagai keluhan masyarakat bisa ditampung serta harus diberikan informasi dan solusinya yang benar dan akurat.

"Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sebab di tengah aparat pemerintahan yang terbatas dengan adanya progam tersebut kondisi di setiap wilayah bisa diketahui dan juga menjadi wadah aspirasi untuk warga," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017