Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, meningkatkan pembangunan infrastruktur pendidikan sebagai upaya mendorong kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan sektor tersebut secara berkualitas.

"Kami terus mengupayakan kelengkapan fasilitas pendidikan dengan membangun unit sekolah baru, ruang kelas baru, rehabilitasi ruang kelas yang mengalami kerusakan sedang dan berat, hingga pembangunan sarana, prasarana, dan utilitas sekolah," kata Sub Koordinator Bangunan Negara pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Pranoto di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan pembangunan sarana pendidikan tahun ini meliputi enam unit sekolah baru terdiri atas dua sekolah dasar dan empat sekolah menengah pertama. Pembangunan ini mengalokasikan anggaran senilai Rp32 miliar.

Baca juga: Puluhan sekolah di Kabupaten Bekasi tempati gedung baru
Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki 257 ruang sekolah alami kerusakan

"Kemudian untuk penambahan ruang kelas sebanyak 79 RKB (Ruang Kelas Baru) yang tersebar di 13 SD sebanyak 51 RKB, dan 5 SMP sebanyak 28 RKB. Pembangunan 79 RKB ini menelan biaya kurang lebih Rp31 miliar," katanya.

Pihaknya juga memperbaiki sebanyak 256 ruang kelas SD dan SMP yang mengalami kerusakan dengan kategori sedang dan berat. Serta membangun sarana, prasarana dan utilitas sekolah di 57 titik.

"Target akhir tahun ini seluruh pembangunan infrastruktur pendidikan tersebut tuntas. Secara umum, hasil monitoring terkini, progres saat ini rata-rata sudah di atas 85 persen," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi benahi infrastruktur pendidikan setelah masuk proyek strategis

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro mengatakan peningkatan infrastruktur pendidikan merupakan hasil sinkronisasi Dinas Pendidikan dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi.

Dengan adanya kegiatan peningkatan infrastruktur ini diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bekasi semakin meningkat hingga mampu menghasilkan pelajar yang unggul.

"Kita terus lakukan di Kabupaten Bekasi bersama Dinas Pendidikan agar siswa-siswi kita nyaman belajar. Mereka punya fasilitas pendidikan yang baik sehingga sesuai harapan Pak Pj Bupati Bekasi, mereka mampu menjadi siswa-siswi unggul," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023