Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memberikan penghargaan kepada 16 perusahaan penyedia menara telekomunikasi dan operator seluler, karena dinilai patuh membayar retribusi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin saat menyerahkan penghargaan di Cibinong, Bogor, Jabar, Senin mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut patuh dalam pembayaran retribusi selama masa pemungutan retribusi pengendalian menara telekomunikasi (RPMT) tahun 2014, 2018 sampai dengan 2023.

Menurut dia, penghargaan tersebut merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor atas penyediaan layanan telekomunikasi, yang saat ini menjadi kebutuhan primer. Terlebih, daerahnya memiliki wilayah yang luas, yakni 40 kecamatan.

"Keberadaan teknologi memfasilitasi akses informasi, pendidikan, dan pelayanan kesehatan, serta memungkinkan pengembangan ekonomi melalui pemasaran online," papar Burhan.

Kemudian, kata dia, infrastruktur teknologi akan meningkatkan efisiensi layanan dasar, merangsang inovasi, serta secara keseluruhan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Burhan berharap pihaknya dapat terus berkolaborasi dengan asosiasi telekomunikasi seperti Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi (Aspimtel) dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel).

Sementara, Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto di tempat yang sama mengatakan Pemkab Bogor memiliki 16 mitra kerja perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan infrastruktur menara telekomunikasi.

"Penghargaan diberikan kepada para wajib retribusi pengendalian menara telekomunikasi, mengingat kerja sama yang sangat baik selama ini, sehingga target pendapatan pada retribusi pengendalian menara telekomunikasi selalu mencapai target 100 persen," jelas Bayu.

Menurut dia, layanan telekomunikasi kini telah menjadi salah satu infrastruktur utama penggerak kebangkitan ekonomi.

"Acara ini bukan hanya sebuah pertemuan formal, tetapi juga momentum penting untuk silaturahmi, berbagi ide, pemikiran, dan informasi yang dapat membawa perubahan positif bagi kemajuan ketersediaan telekomunikasi dan masyarakat yang kita layani," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023