Desa Wisata Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar menggelar Nusa Festival 2023 sebagai upaya mempromosikan berbagai budaya, adat, sekaligus produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah itu.

“Acara ini untuk mempromosikan produk lokal, tidak hanya kuliner tapi juga adat, budaya, dan semua produk UMKM,” kata Sekretaris Gampong Nusa Endra Marliza, di Aceh Besar, Minggu.

Ia menjelaskan, Nusa Festival merupakan program rutin dilaksanakan oleh Lembaga Pariwisata Gampong Nusa setiap tahun. Festival kali ini mengangkat tema come experience the grassroot festival yang berlangsung sejak 17-19 November 2023.

Baca juga: Festival Bahari Sabang digelar Maret

Beragam atraksi seni dan budaya yang ditampilkan seperti lomba kreasi toet tumpoe yakni kuliner khas Aceh Besar yang sudah jarang ditemui di tengah masyarakat.

Kemudian seni Tari Pasang Jabet, Tari Rapa’i Geleng, tari kreasi The Energy of Aceh, dan beragam atraksi lainnya.

“Tujuan utama kita memang untuk menampilkan semua budaya, adat yang ada di Aceh, khususnya Aceh Besar, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Gampong Nusa ini menemukan hal-hal baru,” ujarnya.

Selain itu, kata dia lagi, Festival Nusa juga menyuguhkan berbagai produk kerajinan rotan, kuliner, hingga produk olahan dari sampah plastik.

Kerajinan rotan itu didatangkan dari desa tetangga Gampong Keude Bieng, Aceh Besar yang memang terkenal sebagai penghasil produk kerajinan rotan di Tanah Rencong.

Sementara dari Gampong Nusa, kata dia lagi, produk yang sedang terkenal di Nusa yakni produk olahan dari sampah plastik menjadi tas dan bentuk lainnya.

"Saat ini juga ada produk unggulan di Nusa keripik daun temurui (kari), saat ini memang bisa dibilang sedang booming di Nusa, dan diminati oleh wisatawan datang ke Nusa,” ujarnya lagi.

Untuk diketahui, Gampong Nusa merupakan salah satu desa di Aceh yang sudah menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada 2021 lalu dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023