Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Jawa Barat mengimbau agar masyarakat siap siaga atas kemungkinan terjadinya bencana alam pada musim hujan.

"Sekarang ini akan memasuki musim hujan. Jadi kesiapsiagaan bencana perlu dilakukan," kata Kepala Pelaksana BPBD Karawang Mahpudin di Karawang, Jumat.

Ia mengaku telah mengikuti rapat koordinasi dengan seluruh BPBD se-Jawa Barat mengenai kesiapsiagaan bencana alam pada musim hujan.

Baca juga: Curah hujan tinggi masyarakat Karawang diimbau waspadai banjir dan puting beliung

Sesuai dengan data prakiraan BMKG, cuaca pada November ini terprediksi menjadi ekstrim akibat pergantian dari musim kemarau ke musim hujan.

Atas hal tersebut, BPBD Karawang meminta para kepala desa, camat, dan dinas terkait untuk mengantisipasi bencana alam saat musim hujan.

Mahpudin menjelaskan pihaknya akan melakukan monitoring berkala serta mengajak masyarakat untuk meningkatkan upaya mitigasi, seperti membersihkan saluran air, normalisasi sungai, menanam pohon agar terhindar banjir.

Baca juga: BPBD Karawang imbau masyarakat waspadai bencana alam akibat cuaca ekstrem

"Berdasarkan data dari BMKG, Karawang itu potensi banjir dan longsornya di Ciampel, Pangkalan, dan Tegalwaru. Tetapi terkategori rendah," kata Mahpudin.

Tiga Kecamatan tersebut berpotensi rawan memunculkan banjir dan longsor, karena berada di dataran tinggi.

Meskipun potensinya terkategori rendah, ia mengimbau kepada masyarakat Karawang untuk siap siaga dan tetap melakukan antisipasi.

Baca juga: Banjir meluas, Karawang tetapkan status tanggap darurat bencana

Mahpudin juga mengajak agar masyarakat mulai melakukan kegiatan gotong-royong untuk membersihkan aliran sungai, selokan atau drainase lingkungan, dan lain-lain. Sebab biasanya banjir juga dipicu akibat meluapnya sungai dan drainase, karena kondisinya mengalami pendangkalan.

"Jadi mari kita sama-sama bersihkan sungai dan selokan di lingkungan sekitar. Apabila melihat potensi bencana, segera hubungi petugas," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023