Jakarta (Antara Megapolitan) - Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi S. Purnomo mengapresiasi pelaksanaan Wikufest atau festival para alumni yang digelar oleh Ikatan Alumi Wikusama (IAW) SMK Telkom Malang dan telah berjalan selama lima tahun terakhir.

"Wikufest sebagai komitmen para alumni untuk mengembangkan dan memberdayakan potensi generasi muda yang haus akan informasi nyata seputar perkembangan dunia industri dan pendidikan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Ia mengatakan komitmen untuk meningkatkan kualitas tak hanya datang dari Yayasan, tapi juga muncul dari alumni. Sehingga akan semakin memperkokoh lembaga pendidikan melalui dukungan alumni.

"Dengan kealumnian yang kuat diharapkan, seluruh lembaga pendidikan Telkom dapat semakin maju dan berkibar di dunia pendidikan di Indonesia," katanya.

Dikatakannya alumni menjadi bagian yang sangat penting di lembaga pendidikan, bahkan dapat mendorong kesuksesan lembaga pendidikan itu sendiri. Hal ini disadari benar oleh Ikatan Alumi Wikusama (IAW) SMK Telkom Malang.

Sehingga setiap tahunnya, mereka yang telah sukses berkarir di berbagai bidang ini kembali ke sekolah untuk berbagi dan mengabdi.

Acara ini telah mendatangkan banyak alumninya, tak hanya dari dalam negeri tapi juga mereka yang tengah berkiprah di luar negeri. Dalam Gelaran yang ke 5 ini, Wikufest menghadirkan  51 mentor (alumni) yang akan berbagi ilmu dan juga pengalaman pada adik kelasnya.
 
"Kegiatan ini menunjukkan kekuatan alumni SMK Telkom Malang, yang mau untuk menginspirasi dan empowering adik kelasnya.

Tidak banyak sekolah yang dapat melakukan hal seperti ini. Dimana alumni memiliki komitmen untuk kembali ke sekolah, melakukan hal yang bermanfaat untuk almamaternya.

Menurut Dwi, alumni yang hebat ini berasal dari siswa yang hebat. Untuk itu Dwi berpesan pada seluruh siswa SMK Telkom Malang, yang saat ini masih mengenyam pendidikan untuk tidak melupakan almamaternya.

Acara yang digelar di SMK Telkom Malang ini mengangkat tema New Beginning, tema ini diangkat untuk memberikan wawasan yang luas dan memotivasi peserta supaya lebih mengenali potensi yang dimilikinya serta berubah ke arah yang lebih baik.

Selain SMK Telkom Malang, YPT pun memiliki 7 SMK Telkom yang bersebar di Jakarta, Bandung, Purwokerto, Lampung , Medan, Makassar, Banjarbaru. 1 SMA Telkom di Bandung, dan 2 SMK Pariwisata yang berada di Kota Bandung dan Medan.

Selain itu juga terdapat, 3 SMP, 3 SD dan 32 TK tersebar di 36 kota, 22 provinsi di Indonesia dan Telkom University di Bandung, Sekolah Tinggi Technologi Telematika  Telkom Purwokerto, Akademi Telekomunikasi Jakarta, Bandung Techno Park (BTP) Bandung atau sebagai Lembaga Riset dan Telkom Profesional Certification Center (TPCC) Bandung.

Yayasan Pendidikan Telkom dibawah naungan PT Telkom, juga menaungi atau mempunyai 5 Anak Perusahaan sebagai penopang atau pendukung dari kekuatan keuangan Yayasan yaitu PT. Sandhy Putramakmur bergerak di bidang Jaringan Telekomunikasi, Outsourching, Konstruksi dengan perwakilan diseluruh wilayah Indonesia.

Selain itu PT. Bakti Unggul Teknovasi bergerak di bidang Riset, Konstruksi, Trading, Building Manajemen dan IT Solution, PT. K-Lite Zora bergerak di bidang media siaran on line, off line serta Even Organisation dan PT Trengginas Jaya bergerak di bidang Outsourching dan Building Manajemendan dan PT. Koprima Sandhysejahtera bergerak di bidang konstruksi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017