Kegiatan Hari Bebas Kendaraan atau 'Car Free Day' Meikarta hasil kolaborasi manajemen Meikarta dengan Lippo Cikarang dan warga sekitar setiap Minggu pukul 06.00-10.00 WIB dinilai mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah membuka secara resmi kegiatan yang dijadwalkan rutin diadakan setiap pekan dengan menghadirkan ragam stan kuliner makanan dan minuman dari pelaku usaha kecil di sekitar lokasi.

"Tidak hanya dapat berolahraga dan menghirup udara pagi Lippo Cikarang, tetapi masyarakat juga bisa melakukan aktivitas jual-beli dengan kehadiran pelaku UMKM yang menawarkan aneka jajanan berupa makanan dan minuman," kata Holik saat membuka kegiatan pada Minggu (12/11/2023).

Baca juga: Pertumbuhan Kota Meikarta dongkrak perekonomian warga

Dia mengatakan pembukaan hari bebas kendaraan ini memiliki dampak positif bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya di sekitar lokasi kegiatan.

Ajang 'Car Free Day' ini diadakan di area District 2 Meikarta, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dengan menutup sementara seluruh lajur kendaraan bermotor selama kegiatan berlangsung.

"Saya optimis antusias peserta yang sangat tinggi ini akan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha kecil di sekitar lokasi. Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin sesuai rencana penyelenggara," katanya.

Baca juga: Meikarta serah terima unit Silverlake Tower
 
Senam jantung sehat menjadi salah satu rangkaian kegiatan hari bebas kendaraan di District 2 Meikarta, Lippo Cikarang, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (12/11/2023). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Corporate Communication PT Lippo Cikarang Jeffrey Rawis mengaku sejak pembukaan hari bebas kendaraan pada akhir pekan lalu, permintaan membuka gerai penjualan oleh pelaku usaha kecil dan menengah semakin tinggi.

"Banyak UMKM di Kabupaten Bekasi yang mulai mendaftarkan diri untuk menjajakan dagangan mereka sejak kegiatan dibuka kemarin Minggu. Semoga ini menjadi pertanda positif ke depan bagi pelaku usaha kecil," katanya.

Baca juga: Meikarta gelar Festival Bazar UMKM menyambut pergantian tahun

Jeffrey mengatakan selain aktivitas penjualan pelaku usaha kecil, kegiatan ini juga diisi dengan senam jantung sehat, pertunjukan kesenian tari, hingga hiburan musik dari para bintang tamu yang diundang secara khusus.

"Car Free Day ini terbilang baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Bekasi sehingga animo masyarakat terlihat sangat antusias. Mereka datang berbondong-bondong untuk berolahraga juga menikmati wisata kuliner dari berbagai UMKM yang tersedia di acara ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023