Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menetapkan lima daerah sebagai basis peternakan, karena kelima daerah tersebut memiliki kualifikasi dan layak menjadi basis peternakan.

Bupati setempat Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Sabtu, mengatakan kelima daerah yang ditetapkan sebagai daerah berbasis peternakan ialah Wanayasa, Darangdan, Bojong, Kiarapedes serta Sukasari.

Dari lima daerah basis peternakan itu, empat daerah di antaranya diproyeksikan sebagai daerah basis peternakan domba, dan satu daerah lainnya sebagai daerah basis peternakan sapi.

"Untuk daerah basis peternakan domba, kita kembangkan di daerah sekitar Darangdan, Wanayasa, Bojong dan Kiarapedes. Sedangkan daerah basis peternakan sapi ialah Kecamatan Sukasari," katanya.

Ia mengatakan, penetapan daerah basis peternakan tersebut merupakan bagian dari tindaklanjut program pendidikan peternakan yang telah digulirkan Pemkab Purwakarta sejak beberapa tahun terakhir.

Selain menetapkan daerah basis peternakan, pendidikan peternakan itu juga telah melahirkan bibit ternak domba bernama Garwa atau Garut Wanayasa.

Domba Garwa itu sendiri sebagai hasil penerapan pendidikan peternakan, yakni melalui inseminasi buatan atau kawin silang domba asal Garut dan domba asal Wanayasa, Purwakarta.

Ke depan, selain mengimplementasikan program pendidikan peternakan, Pemkab Purwakarta juga berencana membangun arena ketangkasan hewan.

Arena ketangkasan hewan itu nantinya bisa digunakan tempat olimpiade hewan ternak jenis domba dan sapi.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017