Bogor (Antara Megapolitan) - Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 resmi dimulai, Sabtu, pertandingan berlangsung dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) TNI AD, Kota Bogor, Jawa Barat.

Ketua Panitia Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017, Muhammad Rizal Barnadi di Bogor, Sabtu mengatakan, hari pertama perlombaan dilangsungkan babak kualifikasi diikuti oleh seluruh peserta untuk semua kelas kecuali kelas ronde nasional eksekutif yang diikuti oleh Presiden Joko Widodo.

"Perlombaan hari ini dilakukan babak kualifikasi, diikuti seluruh peserta. Kecuali Presiden akan dilaksanakan Minggu besok," kata Rizal.

Ia menyebutkan, kelas yang diperlombakan hari ini yakni Recuve 70 meter, kelas Compound 50 meter, dan kelas ronde nasional untuk kategori umum/SMA 40 meter, SMP 20 meter, dan SD 15 meter. Seluruh peserta mengikuti enam seri perlombaan, setiap serinya peserta menembakan enam anak panah, total ada 36 anak panah.

"Nilai tertinggi yang akan maju ke babak selanjutnya, dari kualifikasi ini dicari 1/16 yang lolos ke babak aduan. Juara setiap kategori akan diadu, untuk selanjutnya mencari juara pertama, kedua dan ketiga," katanya.

Untuk babak aduan, lanjutnya, dilaksanakan Minggu (22/1) besok bersamaan dengan dimulainya kelas untuk ronde nasional eksekutif 20 meter yang diikuti Presiden beserta tamu VVIP lainnya.

Menurut Rizal, hari pertama pertandingan berlangsung lancar, seluruh peserta dapat hadir mengikuti babak kualifikasi. Begitu pula dengan cuaca yang mendukung, walau sedikit panas terik dan kecepatan angin tidak mengganggu jalannya pertandingan.

"Cuaca mendukung hingga sore ini, agak sedikit terik, dan ini tantangan bagi peserta, ditambah lagi angin lumayan kencang," kata Rizal.

Rizal menyebutkan untuk pertama kalinya Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 digelar tingkat nasional. Dan untuk pertama kalinya, kejuaraan panahan terbuka diikuti oleh Presiden Republik Indonesia.

"Selama ini Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka kita buat skala lokal, untuk menjaring bibit unggul daerah, ini pertama kalinya naik tingkat jadi skala nasional, dan diikuti presiden," kata Rizal.

Rizal yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bogor menyebutkan, keterlibatan presiden dalam kejuaraan panahan membawa dampak positif untuk tumbuh kembangnya olahraga panahan di Tanah Air maupun di Bogor.

"Ini momentum sangat baik bagi olahraga panahan di Indonesia. Seperti arahan dari Sekjen Perpani Pusat, ini menjadi momen kebangkitan panahan, karena dulu Indonesia pernah meraih medali perak pada Olimpiade, semoga hadirnya presiden menambah semangat para atlet untuk terus meningkatkan prestasi," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017