Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan kegiatan ziarah tabur bunga dan zikir bersama di makam Pahlawan KH Noer Ali, Kompleks Pondok Pesantren At Taqwa Babelan sebagai rangkaian memperingati Hari Pahlawan ke-78.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan kegiatan ini menjadi momentum merefleksikan diri dalam mengenang jasa para pahlawan yang rela gugur saat berjuang membela dan merebut kemerdekaan.

"Pesan Bung Karno, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Ungkapan tersebut dapat direnungkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena kemerdekaan yang kita rasakan saat ini adalah hasil jerih payah para pahlawan yang rela berjuang dan berkorban jiwa raga," katanya di makam Pahlawan KH Noer Ali di Bekasi, Rabu.

Baca juga: Pemkab Bekasi jadikan peringatan hari jadi refleksi kembali sejarah perjuangan
Baca juga: Historika Bekasi gelar lomba cosplay kostum jadul

Dia mengatakan perjuangan era sekarang bukan lagi berperang dengan mengangkat senjata, melainkan bagaimana berperang menghadapi berbagai persoalan bangsa, di antaranya pengentasan kemiskinan dan kebodohan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bekasi.

"Inilah saatnya kita bersama untuk menggelorakan semangat perjuangan kemerdekaan dengan membantu mengentaskan kemiskinan dan kebodohan, dimulai dari diri kita sendiri dengan aktualisasi diri," katanya.

Dedy mengajak seluruh masyarakat turut serta menjadi bagian dari langkah mengobarkan semangat para pahlawan dalam membangun dan menggerakkan perekonomian guna mewujudkan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera.

"Saya mengajak hadirin sekalian untuk senantiasa merenungi dan mengambil hikmah serta pelajaran terhadap apa yang telah dilakukan para pahlawan," katanya.

Baca juga: Honor Petugas Makam Pahlawan Bekasi Naik

Ia berharap peringatan Hari Pahlawan bukan hanya sekedar perayaan tahunan saja. namun lebih dari itu bagaimana mengambil hikmah dan pelajaran untuk dijadikan pijakan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

Kepala Staf Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Sukoco ditunjuk menjadi inspektur Upacara Tabur Bunga di Makam Pahlawan KH Noer Ali, diikuti peserta dari unsur pimpinan daerah, asisten daerah, kepala perangkat daerah, camat, tokoh agama, serta tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023