Polres Karawang akan berkolaborasi dengan ratusan budayawan untuk mencegah gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami bersama budayawan di Karawang bersinergi dan berkolaborasi menjaga kamtibmas, termasuk membantu menjaga pemilu damai," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, saat peluncuran budayawan kamtibmas, di Karawang, Jumat.

Ia menilai kalau para budayawan sebenarnya mampu untuk menangkal atau mencegah gangguan kamtibmas. Sehingga pihaknya berkolaborasi dengan para budayawan dalam pengamanan pemilu nanti.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor berharap TNI/Polri dapat jaga keamanan hadapi Pemilu 2024
Baca juga: KPU rangkul BSSN dan Polri amankan Sipol jelang Pemilu 2024

Dalam kolaborasi tersebut, kata Kapolres, nantinya dalam setiap kegiatan pentas budaya yang digelar para budayawan akan digencarkan sosialisasi pemilu damai.

"Jadi peran budayawan menjaga kamtibmas ini ialah menyampaikan pesan kepada masyarakat agar menjaga Pemilu 2024 tetap damai dan tidak terjadi keributan," kata dia.

Menurut dia, ada sekitar 300 para budayawan di Karawang yang akan terlibat dalam upaya menjaga kamtibmas dan mewujudkan Pemilu 2024 damai. Mereka terdiri atas seniman, penari dan pemusik.

"Kita juga sudah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menggelar kegiatan yang nantinya diisi oleh para budayawan dalam menyukseskan sosialisasi pemilu damai," kata dia.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota gelar doa bersama untuk Indonesia aman

Sementara itu, Sekda Karawang, Acep Jamhuri, meminta para seniman dan budayawan turut serta dalam kampanye pemilu damai tahun 2024. Sebab Karawang memiliki seniman atau budayawan yang tersebar di seluruh desa.

"Seniman dikenal sebagai sosok yang bisa menjaga keharmonisan dengan masyarakat. Maka kami minta ketika tengah tampil, sampaikan pesan-pesan yang baik supaya kondisi di lapangan menjadi kondusif," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023