Desa Namrinat Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Provinsi Maluku, berhasil meraih juara dua kategori Wisata Olahraga dan Petualangan, nominasi Namrinat Green Adventure dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023, di Ambon.

“Kami turut bersyukur untuk meraih juara Desa Wisata Namrinat dan meraih juara dua kategori olahraga dan petualangan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bursel, Adam Malik, di Ambon, Rabu malam.

Ia mengatakan, pihak Dispar akan tetap mendukung untuk pengembangan Desa Wisata Namrinat, dengan melakukan infrastruktur di desa wisata tersebut.

Baca juga: Destinasi wisata Bukit Pinteir Bangka Tengah masuk nominasi API 2023 kategori wisata olahraga dan petualangan
Baca juga: Wisata olahraga terbesar di Cikarang siap operasi kembali

Pengembangan desa wisata juga harus memperhatikan pelestarian alam dan budaya setempat. Ini melibatkan perlindungan ekosistem alam dan pemeliharaan budaya, serta pemeliharaan warisan sejarah.

“Sekarangkan sedang dibangun infrastruktur  oleh pemerintah pusat melalui dana anggaran pendapatan belanja negara (APBN),” ujarnya.

Selain Namrinat, Adam mengaku ada enam desa wisata di Buru Selatan yang akan lebih ditingkatkan lagi ke depannya demi kemajuan pariwisata di Bursel itu sendiri.

Enam desa wisata tersebut yakni, Desa Wali, Desa Waefusi, Desa Tifu, Desa Mepa, Desa Fogi dan Desa Nanali. “Semua punya banyak potensi, tinggal kita tingkatkan saja terus ke depannya,” ujarnya.

Baca juga: TMII menjadi tempat wisata keluarga sambil bersepeda, ini yang menjadi daya tariknya

Ia berharap, ke depannya semua desa wisata di Bursel lebih memperbaiki pelayanan dan dapat berpartisipasi dalam ajang seperti API award kembali.

“Melalui ajang-ajang seperti ini juga kami bisa mempromosikan wisata kami di Bursel,” ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023