Wali Kota Bogor mengajukan musyawarah daerah (musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) tingkat Jawa Barat dilaksanakan di kotanya untuk mengembangkan jejaring pengusaha lokal. 

Wali Kota Bogor Bima Arya di Kota Bogor, Senin, mengatakan pengusaha di dalam Hipmi Kota Bogor telah banyak membantu pemerintah kota, sehingga memberi ruang Hipmi Jawa Barat untuk mengadakan musda di daerahnya menjadi balas bantuan untuk pengembangan jejaring para pengusaha Kota Bogor. 

"Sisa periode pemerintahan Kota Bogor akan berakhir tidak lama lagi. Hipmi banyak membantu pemerintah dalam membangun kota lewat kegiatan-kegiatan. Saya ingin membantu Hipmi dengan mengajukan diri sebagai tuan rumah musda. Itu yang saya targetkan di ujung jabatan," kata dia. 

Bima pun mengapresiasi para senior pengusaha pada Hipmi Kota Bogor yang mau membimbing para juniornya menjadi pengusaha tangguh dan berkontribusi untuk daerahnya. 

"Apresiasi saya untuk ikatan para senior Hipmi dalam membimbing para juniornya. Kepemimpinan dibangun dari senioritas yang kokoh, ada followership dan ada leadership," ujar Bima. 

Ke depan, kata dia, ia ingin melihat anggota Hipmi Kota Bogor tidak hanya sukses di kota sendiri, tapi juga Jawa Barat dan nasional. Bahkan pada saatnya harus ada pengusaha sukses yang jadi Wali Kota Bogor. 

Bima Arya menekankan pentingnya seorang pemimpin untuk terus belajar, penting untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin selanjutnya.

Menurut dia, sejarah menunjukkan orang dan pengalaman yang berbeda-beda. Bicara kepemimpinan tidak ada jalan mudah, tidak ada jalan pintas ke puncak. Semua harus dipersiapkan, semua bertanggung jawab, termasuk yang saat ini sedang di atas.

Ketua Umum BPC Hipmi Kota Bogor, Marwan Suherman menyebutkan, Hipmi Kota Bogor berencana mencalonkan diri sebagai tuan rumah Musda BPD Jawa Barat yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan, tepatnya Desember 2023.

"Insya Allah Kota Bogor akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Musda Hipmi Jawa Barat Tahun 2023. Untuk menyukseskan rencana ini kami sangat membutuhkan dukungan pemerintah dan jajaran forkopimda serta pihak lainnya. Semoga kita mampu dan mendorong Ketua Umum Hipmi Jawa Barat dari Kota Bogor," ungkap Marwan.

Marwan menuturkan, melalui penyelenggaraan Musda Hipmi Jawa Barat di Kota Bogor menurut Marwan, menjadi kontribusi lain Hipmi dalam mendukung dan membantu perputaran ekonomi di Kota Bogor. Lokasi yang strategis dan aksesibilitas transportasi serta akomodasi bagi para peserta menjadi pertimbangan lain.

Marwan melanjutkan, selama ini Hipmi Kota Bogor telah berkolaborasi dengan Pemkot Bogor membantu pengembangan dan peningkatan ekonomi di Kota Bogor.

Untuk lebih meningkatkan kolaborasi yang terjalin, Bima Arya akan mengajak Hipmi Kota Bogor dalam membantu revitalisasi pasar-pasar di Kota Bogor, UMKM, kawasan Suryakencana, maskot Kota Bogor Si Rubo, pengembangan local pride, kampung distro serta lainnya.

Pendidikan Latihan Cabang (Diklatcab) dan Forum Bisnis Cabang (Forbiscab) Badan Pengurus Cabang Hipmi Kota Bogor 2021-2024 pun telah dilaksanakan satu hari diikuti 100 peserta dengan ragam latar belakang usaha multisektor di Saung Dolken, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, pada Sabtu (21/10). 

 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023