Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PPWK) kepada para pelajar untuk membentuk model pemimpin masa depan yang mampu menanamkan nilai-nilai luhur di bangsa.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Bogor Anna Mariam Fadhilah di Kota Bogor, Selasa, menyampaikan para pelajar perlu dipupuk tentang demokrasi dan kepemimpinan yang sesuai dengan Pancasila.

“Demokrasi merupakan sistem yang membuat rakyat memiliki peran penting untuk dapat langsung memilih dan menentukan pemimpinnya. Proses demokrasi juga bisa diterapkan di kehidupan pelajar contohnya ketika memilih ketua kelas atau ketua osis,” ujar Anna.

Baca juga: DPRD Kota Bogor rancang Perda pemberian insentif dan kemudahan investasi

Anna mengapresiasi SMPN 12 Kota Bogor yang telah mengadakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi kelas 7 sebagai program kerja.

Hal ini menurut Anna sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang baru disahkan oleh DPRD Kota Bogor bulan lalu.

Ia menjelaskan, penerbitan Perda tersebut bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan yang mudah diakses, untuk meningkatkan pendidikan dan wawasan kebangsaan masyarakat Kota Bogor.

Baca juga: DPRD Kota Bogor bersama pemerintah setempat terbitkan Perda PPWK

“Perda ini sejalan dengan visi misi Kota Bogor sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme warga Kota Bogor,” ujarnya.

Menurut Anna, demokrasi dan kepemimpinan yang sesuai Pancasila merupakan hal penting harus dipupuk oleh para pelajar sejak dini, karena setiap sila memiliki nilai demokrasi yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Anna berharap dari pembelajaran demokrasi sejak dini, ke depan SMPN 12 Kota Bogor dan siswa sekolah lain bisa melahirkan pemimpin yang baik, karena pemimpin tidak hanya dilahirkan tetapi harus dibentuk dengan karakter yang baik dengan nilai luhur Pancasila.

Baca juga: DPRD Kota Bogor setujui rancangan Perubahan KUA-PPAS 2023

Para pelajar, kata dia, bisa segera belajar untuk memperhatikan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota DPRD, DPR RI dan DPD RI periode 2024-2029.

Anna berpesan agar siswa SMPN 12 Kota Bogor dan SMP lain jangan pernah takut untuk memiliki cita-cita yang tinggi dan semoga kelak akan ada yang menjadi pemimpin di negeri ini.

"Jangan biarkan keterbatasan menghalangi, jangan mudah menyerah. Selama ada kemauan yang kuat dan usaha yang gigih insya Allah ada jalan," demikian Anna.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023