Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat membuka hari terakhir pengajuan pencermatan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat yang telah masuk daftar calon sementara (DCS) pada pemilihan umum (pemilu) 2024 untuk ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT).

Kepala Divisi Teknis KPU Kota Bogor Dede Juhendi di Kota Bogor, Selasa, mengatakan proses pengajuan dari 17 partai politik (parpol) peserta pemilu di daerahnya akan berakhir pada Selasa (3/10) pukul 23.59 WIB.

Sebelumnya, KPU Kota Bogor telah mengumumkan ada 762 nama caleg dari 17 partai politik yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS) legislatif DPRD setempat pada Pemilu 2024.

"Tahapan hari ini adalah tahapan pencermatan DCT. Hari ini terakhir kita menerima ajuan pencermatan DCT dari parpol yang ada di Kota Bogor," kata Dede.

Baca juga: KPU Kota Bogor data ada 54 pemilih pindahan pada Pemilu 2024
Baca juga: KPU Kota Bogor kejar status Zero Fault pada Pemilu 2024

Dede menyebut telah ada sembilan partai politik yang mengajukan perubahan beberapa daerah pemilihan (dapil) calon legislatif DPRD Kota Bogor dari masing-masing partai.

Ia menyampaikan, menurut jadwal yang disepakati, parpol-parpol akan datang hingga pukul 18.00 WIB, namun demikian KPU memberikan waktu hingga pukul 23.59 WIB malam ini.

"Perubahan dapil tidak banyak, misal masing-masing partai memindahkan dapil satu hingga dua caleg," ujar Dede.

Dede menerangkan perubahan dapil dilakukan parpol dengan alasan mempertimbangkan kuota 30 persen keterwakilan perempuan sebagaimana diatur Keputusan Mahkamah Agung Nomor 24 Tahun 2023.

Baca juga: 762 bacaleg DPRD Kota Bogor yang masuk DCS lolos dari tanggapan masyarakat

Ketua KPU Kota Bogor Samsudin sebelumnya menyampaikan bahwa 762 orang bakal calon legislatif yang masuk dalam DCS merupakan mereka yang telah melakukan berbagai proses verifikasi administrasi hingga faktual dan perbaikan berkas administrasi.

KPU Kota Bogor telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, mulai tanggal 1-14 Mei 2023.

Pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/5) pukul 00.00 WIB, hanya ada 17 partai yang mendaftarkan bacaleg dengan total 833 orang. Setelah melalui rangkaian tahapan pemilu 2024 ini, hanya ada 762 orang yang lolos masuk DCS dan 71 sisanya tidak lolos.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023