Organisasi sosial kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membangun instalasi pengolahan air yang mengubah air danau buatan menjadi bersih hingga siap minum untuk membantu warga terdampak kekeringan di daerah itu.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih mengatakan instalasi Water Sanitation Hygiene Promotion (WASH) melalui sistem penyulingan ini memanfaatkan sumber air melimpah di Kampung Tegal Kadu, Desa Sirnajaya, Kecamatan Serang Baru.

"Karena pada dasarnya PMI mempunyai kapasitas di bidang itu jadi kita dirikan WASH ini dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kapasitas serta intensitas penyediaan air kepada masyarakat terdampak kekeringan," katanya di Cikarang, Ahad.

Baca juga: PMI Bekasi salurkan 20 ribu liter air untuk warga terdampak kekeringan di sejumlah titik

Dia mengatakan pendirian sarana sekaligus posko di titik sumber mata air itu merupakan langkah strategis yang diambil PMI Kabupaten Bekasi dalam membantu pemerintah daerah mendistribusikan bantuan di masa transisi darurat bencana kekeringan.

"Kami berupaya membantu pemerintah daerah meningkatkan intensitas pendistribusian air bersih dan air siap minum kepada masyarakat dengan harapan suplai air meningkat drastis setelah ada instalasi air ini," katanya.

Pihaknya mengajak segenap pihak terkait bisa memberikan dukungan dengan menyalurkan bantuan galon air mineral untuk diisi ulang melalui instalasi pengolahan itu sebelum kembali disalurkan ke warga terdampak.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi distribusikan air bersih bagi warga korban banjir

PMI Kabupaten Bekasi berkomitmen meningkatkan intensitas pendistribusian bantuan air dengan terus memproduksi kebutuhan dasar masyarakat itu di musim kering tahun ini.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena kualitas air tiap dua jam sekali kami lakukan uji laboratorium dan setiap 24 jam kami lakukan uji pengendapan guna menjamin air tetap steril dan bersih kandungannya sehingga aman dikonsumsi masyarakat," ucap dia.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi langkah PMI dalam membantu kebutuhan masyarakat di tengah bencana kekeringan yang sedang dihadapi melalui inovasi instalasi pengolahan ini, air permukaan bisa disulap menjadi siap minum.

Baca juga: PMI Bekasi peringati HUT ke-78 dengan layanan donor keliling

"Instalasi pengolahan air dari PMI yang dapat mengubah air permukaan menjadi air bersih bahkan siap minum adalah inovasi yang sangat bagus. Saya bahkan telah menginstruksikan BPBD dan dinas terkait lain harus punya alat seperti ini. Jadi apabila ada bencana banjir atau kekeringan seperti ini, air yang ada bisa kita olah dan manfaatkan," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023