Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan pekan ini, mulai dari kontribusi bursa karbon melawan krisis iklim hingga warga yang terdampak pembangunan proyek investasi di Pulau Rempang, Kepulauan Riau, tidak akan direlokasi ke Pulau Galang.

Beriku berita selengkapnya:

1. Kemenkeu: Realisasi anggaran pembangunan IKN 2023 capai 21,8 persen

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi anggaran pembangunan klaster infrastruktur dan non infrastruktur pada Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun 2023 mencapai 21,8 persen atau Rp6,4 triliun dari total pagu sebanyak Rp29,4 triliun.

"Belanja proyek strategis nasional IKN sampai dengan 31 Agustus 2023 sudah terealisasi 21,8 persen," kata Direktur Sistem Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Ludiro saat konferensi pers di Manokwari, Papua Barat, Jumat.

2. BI sebut implementasi QRIS dengan Singapura ditargetkan akhir 2023

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau menyebutkan implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara dengan Singapura ditargetkan terealisasi pada akhir tahun 2023.

3. Luhut: Moda transportasi Jabodebek terintegrasi dalam sebulan ke depan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sistem moda transportasi publik yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) diintegrasikan dalam kurun satu bulan ke depan.

"Tadi Presiden meminta kami untuk mengintegrasikan sistem moda di Jabodebek. Jadi jangan terpecah-pecah, ada BUMN, pemda, pusat, jadi bagaimana sistem angkutan terintegrasi ini dibuat dalam satu organisasi," kata Luhut Binsar Pandjaitan seusai Rapat Terbatas di Istana Merdeka Jakarta, Rabu siang.

4. Jokowi tegaskan bursa karbon kontribusi Indonesia lawan krisis iklim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa bursa karbon Indonesia yang resmi diluncurkan pada Selasa (26/9), merupakan kontribusi nyata Indonesia untuk melawan krisis iklim.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa hasil dari perdagangan tersebut akan direinvestasikan kembali pada upaya menjaga lingkungan khususnya pengurangan emisi karbon, karena Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam nature-based solution dan menjadi satu-satunya negara yang sekitar 60 persen pemenuhan pengurangan emisi karbonnya berasal dari sektor alam.

5. Bahlil memastikan warga Rempang tidak direlokasi ke Pulau Galang

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan bahwa warga yang terdampak pembangunan proyek investasi di Pulau Rempang, Kepulauan Riau tidak akan direlokasi ke Pulau Galang, tetapi ke Tanjung Banun yang masih terletak di Pulau Rempang.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023