Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan penyelenggaraan  E-Sport Tournament Bupati Cup 2023 sebagai salah satu upaya Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan keahlian para atlet agar bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Kejuaraan esports ini dijadikan ajang untuk mengasah keahlian para atlet yang bertanding dan pencarian bakat," katanya saat membuka turnamen itu di GOR Pemuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu.

Menurut Marwan, selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-153 Kabupaten Sukabumi, kejuaraan e-sport untuk menunjukkan bakat para atlet yang diharapkan bisa dilirik oleh para pencari bakat tingkat nasional maupun internasional. 

Ia pun terkejut ternyata di Kabupaten Sukabumi sangat banyak pecinta e-sport, mencapai 88 tim di mana setiap beranggotakan lima sampai enam orang.

Dari 88 tim itu 64 tim bertanding di nomor Mobile Legend dan 24 tim bertanding di nomor Free Fire.

Tujuan lain dari kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mengajak generasi muda ke arah yang positif, apalagi mayoritas pesertanya berasal dari kalangan pelajar. 

Tidak kalah penting, kejuaraan ini tersebut bisa menjadi ajang silaturahmi, peningkatan keahlian serta mendorong produktivitas dan kreativitas anak baik secara individu ataupun kelompok.

"Kami sangat mengapresiasi penyelenggara, karena dengan adanya kegiatan ini juga membantu Pemkab Sukabumi dalam ajang pencarian bakat atlet e-sport yang ditargetkan bisa bersaing di tingkat nasional hingga internasional," katanya.

Marwan mengatakan e-sport merupakan salah satu cabang olah raga prestasi di Indonesia, sehingga menjadi perhatian Pemkab Sukabumi dan bibit-bibit atlet berbakat ke depan akan dilakukan pembinaan secara khusus. 

Ia menginginkan kejuaraan seperti ini bisa diselenggarakan dengan skala yang lebih besar lagi, baik tingkat provinsi maupun nasional.

Bupati berpesan kepada seluruh atlet yang bertanding bisa menjaga sportivitas, kerjasama, kekompakan dan silaturahmi, 

Sementara, Ketua Panitia E-Sport Tournament Bupati Cup 2023 Fajar Febrian mengatakan kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir Bupati dan uang tunai. Diharapkan kegiatan tersebut bisa dijadikan ajang untuk pembentukan atlet e-sport, sehingga ke depannya bisa membela Kabupaten Sukabumi, Jabar bahkan Indonesia di berbagai kejuaraan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023