DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membahas kemungkinan  melanjutkan program bantuan keuangan infrastruktur desa, Samisade atau Satu Miliar Satu Desa pada APBD tahun anggaran 2024.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto di Bogor, Kamis, menjelaskan bahwa pihaknya sedang mengupayakan agar Samisade masuk dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2024.

"Program Samisade sangat penting untuk mendorong pemerataan pembangunan di wilayah paling terpencil. Kami sedang membahas itu dalam dalam Rancangan Perda APBD 2024," kata Rudy.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor pastikan Samisade masuk RKPD tahun 2024

Selain itu, kata dia, pembangunan infrastruktur juga dibutuhkan di desa-desa yang sudah maju untuk lebih meningkatkan kelayakan infrastruktur di daerah mereka.

Menurut Rudy, dengan infrastruktur yang memadai, akan berdampak meningkatnya kualitas kesejahteraan masyarakat desa.

“Melihat kemampuan keuangan daerah tetapi, sangat cukup, tentunya beberapa desa harus bertransformasi, berproses dan proses administrasinya harus sesuai dengan ketentuan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor ingin agar program Samisade terus dilanjutkan

Program Samisade juga telah dianggarkan dalam APBD tahun anggaran 2023 dengan anggaran lebih besar dari tahun sebelumnya, yakni Rp407 miliar.

Penyerapan Samisade tahun ini, maksimal seperti 2022 dimana penyerapan berdasarkan Surat Permohonan Pencairan Dana (SP2D) yang masuk ke kas daerah, mencapai 99 persen dari alokasi sekitar Rp365 miliar pada APBD 2022.

Diketahui, awal kali dilaksanakan kegiatan ini  pada tahun 2021, program Samisade yang dianggarkan melalui DPMD Kabupaten Bogor senilai Rp372 miliar untuk 415 desa itu berhasil mewujudkan pembangunan 473,7 kilometer jalan desa.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor ingatkan para perangkat desa manfaatkan dengan baik dana Samisade

Kemudian, menghasilkan jembatan sepanjang 362 meter, 8.005 meter tembok penahan tanah (TPT), 4.297 meter saluran drainase, dan 1.700 meter saluran irigasi.

Pada APBD Tahun Anggaran 2023, DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Bogor sepakat kembali meningkatkan anggaran Samisade menjadi Rp407 miliar.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023