Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi, menargetkan daerah tersebut masuk 10 besar di Provinsi Jawa Barat, dalam hal partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada pemilihan umum(Pemilu).

"Minimal 10 besar di Jawa Barat dalam hal partisipasi masyarakat dalam memilih. Kemudian caleg (calon legislatif) terpilih juga harus berkualitas," kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bekasi Encep Suprihatin Jaya di Cikarang, Rabu.

Untuk itu, dia mengajak segenap lapisan masyarakat di daerah itu untuk turut menyukseskan Pemilu 2024 mulai dari rangkaian tahapan hingga tiba hari pelaksanaan.

Dikatakannya, peran aktif masyarakat diperlukan agar pelaksanaan pemilu berlangsung sukses dan damai dengan tingkat partisipasi tinggi serta menghadirkan pemimpin yang sesuai harapan publik.

 

Pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi ke seluruh segmen masyarakat. "Baik anak muda, orangtua, semua mesti ikut memilih. Masyarakat berbondong-bondong karena ini suatu demokrasi yang harus kita perhatikan, untuk memilih masa depan Indonesia dan Kabupaten Bekasi," katanya.

Selain kegiatan sosialisasi, fasilitasi dan bantuan hibah pemilu kepada KPU, Bawaslu, serta kepolisian dan TNI juga mendukung penyelenggaraan pemilu berjalan maksimal, termasuk dari aspek pengawasan hingga kondusifitas demi mewujudkan pemilu damai.

"Untuk itu kita menganggarkan dan menyalurkan bantuan hibah sesuai yang mereka ajukan.," ucapnya.

 

Selain sukses penyelenggaraan pemilihan presiden dan legislatif 14 Februari 2024, pihaknya juga meminta peran aktif masyarakat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dijadwalkan dilangsungkan pada 27 November 2024.

"Jadi ini hajat orang sini untuk memilih kepala daerah yang bisa membawa perubahan. Karena itu kita inginkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Bekasi," katanya.

Pemerintah daerah melalui Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan juga telah menyalurkan bantuan hibah sebesar Rp135 miliar kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi demi sukses penyelenggaraan Pilkada termasuk bantuan untuk mendukung keamanan baik sebelum maupun setelah pelaksanaan.

 

Encep mengajak generasi muda selaku pemilih pemula atau milenial untuk peduli kepada daerah dengan memilih kepala daerah atau wakil rakyat yang bisa membawa Kabupaten Bekasi lebih baik. Dan kalangan milenial ini secara suara sangat menentukan keterpilihan.

"Kaitan hal ini kami juga sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, ke kampus, pesantren agar para anak muda ini proaktif dalam pemilu. Karena masa depan kita ditentukan oleh ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023