Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan babak kualifikasi Pekan Olah Raga (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 cabang olah raga arung jeram yang diselenggarakan di Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dimanfaatkan untuk ajang mempromosikan dunia pariwisata.

"Babak kualifikasi ini diikuti oleh atlet yang berasal dari tujuh provinsi yakni DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Dengan momentum ini kami ingin memanfaatkan untuk mengenalkan objek wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi ke para atlet yang diharapkan mereka pun bisa ikut mempromosikannya," katanya di Sukabumi, Selasa.

Menurut Marwan, Kabupaten Sukabumi memiliki segudang objek wisata salah satunya wisata arung jeram di Sungai Citarik yang merupakan salah satu sungai bertaraf internasional untuk olah raga air ini. 

Sungai Citarik sudah beberapa kali digunakan untuk berbagai kejuaraan arung jeram mulai dari tingkat lokal, nasional hingga internasional atau dunia. Sungai tersebut pun selain telah melahirkan atlet-atlet berkelas nasional hingga internasional juga merupakan salah satu lokasi wisata air andalan Pemkab Sukabumi.

Maka dari itu, atlet yang bertanding di Sungai Citarik selain berlomba menjadi yang terbaik juga bisa dimanfaatkan untuk berwisata. Tentunya para atlet akan merasakan sensasi yang berbeda saat melakukan arung jeram di bandingkan dengan daerah lain.  

"Sungai Citarik merupakan lokasi arung jeram yang sangat memacu adrenalin dibandingkan dengan lokasi lain di Indonesia.Bahkan belum lama ini saya mencoba arung jeram di Badung Bali, ternyata lebih menantang di sini," tambahnya.

Marwan mengatakan , Kabupaten Sukabumi memiliki potensi pariwisata yang besar dengan jargon Gurilaps atau kepanjangan dari gunung, rimba, laut, pantai, sungai dan seni budaya. Sehingga wisatawan yang datang ke kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali bisa menikmati seluruh destinasi wisata alam. 

Keberagaman destinasi wisata unggulan tentunya harus terus dipromosikan dan dikenalkan secara luas ke seluruh masyarakat tanah air termasuk para atlet yang mengikuti ajang babak kualifikasi PON. Diharapkan kedatangan mereka juga bisa membantu mempromosikan dunia pariwisata ke berbagai daerah di Indonesia hingga ke luar negeri.

Babak Kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut 2024 cabang olah raga arung jeram di Sungai Citarik diselenggarakan dari 25-29 September 2023. Terdapat empat kategori pada babak kualifikasi tersebut yakni sprint, head to head, slalom dan down river race. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023