Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengapresiasi peran swasta dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja lokal hingga pengembangan usaha kecil.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen swasta dalam memanfaatkan potensi sumber daya lokal, tidak hanya memberikan lapangan pekerjaan bagi warga Kabupaten Bekasi tetapi juga membantu mengembangkan ekonomi lokal," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat mengunjungi PT Yili Indonesian Dairy di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan PT Yili Indonesian Dairy menjadi sebuah contoh dan teladan sekaligus model bagi perusahaan-perusahaan lain dalam berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Di sini terbukti perusahaan mampu menyerap sangat banyak tenaga lokal. Dari 98 persen tenaga kerja Indonesia di sini, 70 persen warga Kabupaten Bekasi. Artinya sekitar 450 warga lokal bekerja di sini dan ternyata tidak ada komplain, mereka menilai karakter, attitude-nya bagus, sopan dan disiplin," katanya.

Dani menyatakan setelah mengikuti pelatihan, mereka bisa cepat beradaptasi. Hal ini membuktikan bahwa tenaga kerja lokal Kabupaten Bekasi apabila diberi kesempatan dan dilatih dengan baik, bisa bekerja dengan optimal.

Dani juga memberikan apresiasi karena PT Yili menjadi perusahaan yang paling banyak menerima jumlah kunjungan wisata industri, hingga mencapai 100-400 siswa dalam setiap satu kali kunjungan.

"Tentu saja ini menjadi peluang pengembangan destinasi wisata industri di Kabupaten Bekasi. Kebetulan memang infrastruktur industrinya memungkinkan. Mereka punya koridor yang memungkinkan para pengunjung melihat proses produksi tanpa memasuki area produksi dan produknya juga bisa jadi oleh-oleh. Ini memang sangat menguntungkan," ucapnya.

Dirinya mengatakan perusahaan yang bergerak di luar sektor kuliner seperti manufaktur, alat berat dan kesehatan, hingga perlengkapan rumah tangga bisa berkontribusi dengan membuka diri sebagai destinasi wisata industri apabila memiliki kemauan.

Pihaknya berkomitmen melanjutkan kunjungan ke kawasan-kawasan industri terutama di perusahaan yang sudah menerapkan penyerapan tenaga kerja lokal dan penyaluran dana tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan secara optimal, serta bersedia menjadi tujuan wisata industri.

"Nah yang belum juga tetap akan kami kunjungi, supaya mereka tergugah, dan yang belum bagus akan diberi penghargaan untuk dorongan supaya mereka bisa lebih mengoptimalkan kehadiran perusahaan di Kabupaten Bekasi dengan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi juga  berkomitmen menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investasi dan pengembangan bisnis.

"Kami terus memberi dukungan penuh perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Bekasi dan juga kami harap disambut baik oleh perusahaan dengan berkontribusi pada pembangunan ekonomi sosial masyarakat," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023