Sebanyak 15 cabang olahraga dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bekasi pada 11-15 Oktober 2023 untuk mencari bibit atlet profesional yang mewakili setiap kecamatan daerah itu.

"Sejauh ini persiapan sudah on the track, koordinasi dengan para camat dan KOK (Komite Olahraga Kecamatan), animo mereka luar biasa bahkan berharap menjadi agenda olahraga rutin daerah," kata Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan di Cikarang, Rabu.

Sebanyak 15 cabang olahraga yang dipertandingkan itu merupakan andalan daerah dan telah mendapatkan tempat di hati masyarakat mulai aquatik, atletik, bulutangkis, bola voli, bola basket, biliar, catur, e-sport, karate, kempo, menembak, panahan, pencak silat, taekwondo, hingga sepak bola dan futsal.

Baca juga: KONI Kabupaten Bekasi gelar Porkab 2023 jaring bibit atlet potensial

"Venue pertandingan terpusat di kompleks Stadion Wibawa Mukti, didukung beberapa titik lain seperti GOR Tambun, Gedung PGRI, juga stadion mini," katanya.

Reza menyatakan melalui kegiatan ini, KONI Kabupaten Bekasi mencoba memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sekaligus mengembangkan olahraga prestasi di kecamatan.

"Kalau hanya sekedar single event ada wilayah yang tidak mengirimkan atlet, mereka akhirnya tidak ikut kejuaraan tapi kalau multi event pasti akan diikuti semua kecamatan. Ajang ini juga mencari potensi, hasil Porkab menjadi acuan KONI untuk prioritas atlet tahun 2026 sebagai awal meniti karir olahraga mereka," katanya.

Baca juga: KONI Bekasi jadikan Porkab 2020 ajang menjaring atlet potensial di daerah

Ketua Panitia Porkab Bekasi 2023 Beny Hidayat mengatakan ajang ini sekaligus menjadi acuan penentuan program seleksi pemantauan serta pembinaan tim pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat 2026 mendatang.

Porkab Bekasi 2023 mempertandingkan sebanyak 300 nomor dari 15 cabang olahraga andalan Kabupaten Bekasi dengan memperebutkan total 937 medali emas, perak, serta perunggu.

"Dengan trik serta konsep yang telah kami susun, mudah-mudahan Porkab Bekasi nanti berlangsung meriah bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi barometer daerah-daerah lain di Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan sosialisasi Porkab Bekasi 2023 hari ini sebagai upaya penyampaian kepada masyarakat umum agar penyelenggaraan nanti semakin meriah.

"Sengaja mengundang camat dan perwakilan pengurus olahraga kecamatan supaya mereka bisa meneruskan kepada masyarakat, sesuai arahan Ketua KONI tadi agar para camat sosialisasikan lagi ke desa-desa sehingga barangkali ada atlet di desa yang memiliki bakat olahraga," katanya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan KONI Kabupaten Bekasi serta instansi terkait agar penyelenggaraan Porkab Bekasi 2023 berlangsung sukses dan meriah sekaligus menemukan bibit atlet muda potensial.

"Gol-nya sesuai yang disampaikan Pak Penjabat Bupati Bekasi, mencari bibit atlet untuk dipersiapkan menuju Porprov Jawa Barat serta PON mendatang," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023