Pengelola sepeda elektrik berbasis baterai PT Beam Mobility kini menyediakan layanannya di lingkungan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria di Bogor, Senin, menyebutkan bahwa penyediaan layanan transportasi sepeda listrik ini merupakan upaya kolaboratif IPB University bersama dengan Beam Mobility.

Kerja sama pengadaan sepeda listrik Beam Bogor diinisiasikan melalui nota kesepahaman yang ditandatangani oleh IPB University dan PT Beam Mobility Indonesia pada bulan Agustus lalu.

Sepeda listrik Beam Bogor mulai beroperasi sebagai sarana transportasi ramah lingkungan untuk perjalanan singkat di IPB University pada 17 September 2023.

Sebagai salah satu kampus terluas di Indonesia, IPB University menganut green concept melalui penyediaan berbagai fasilitas penunjang yang ramah lingkungan.

Dalam hal ini, IPB University berupaya memfasilitasi transportasi ramah lingkungan dengan armada Beam di lingkungan kampusnya.

Selain untuk meningkatkan mobilitas mahasiswa selama berada di lingkungan kampus, juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja.

“Karena untuk ke depannya, fasilitas Beam di kampus akan dikelola lebih lanjut oleh mahasiswa yang berminat dan akan digaji oleh pihak IPB University,” kata Prof Arif.

Ia berharap, dengan fasilitas sepeda listrik Beam ini, emisi karbon yang dihasilkan di wilayah kampus dapat berkurang. Karena, penyediaan sepeda listrik yang ramah lingkungan merupakan salah satu bentuk semangat IPB Universitu dalam menciptakan green campus.

Beam menyediakan satu jenis armada yang dihadirkan di IPB University, yaitu Beam Rover.

Seluruh armada Beam Mobility memiliki batas kecepatan maksimal 25km/jam yang dilengkapi dengan fitur teknologi IoT, sehingga kondisi kendaraan dapat dimonitor secara real-time, melalui aktivasi geofencing dan secara otomatis dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan, seperti ketika diperlukan penggantian baterai.

Setiap armada juga dilengkapi dengan baterai cadangan. Terdapat lebih dari 200 unit armada Beam Rover pada peluncuran perdana layanan dengan sejumlah titik parkir yang tersebar di seluruh lingkungan kampus IPB University.

Untuk memastikan keamanan pengguna Beam di IPB University, setiap unit armada Beam juga dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan keselamatan dalam berkendara, dan juga terdapat tim yang terlatih secara khusus di IPB University yang disebut BEAM Rapid Response Ranger.

Tim ini secara khusus akan membantu pengguna untuk mengoperasikan armada.

Country Head PT Beam Mobility Indonesia, Ady Muzadi menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan untuk beroperasi dan bermitra dengan IPB University yang merupakan salah satu kampus terbesar di Indonesia.

Saat ini Beam Mobility sudah beroperasi di delapan negara seperti Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Thailand, Turki dan Indonesia.

“Tujuan utama sepeda listrik Beam Bogor adalah untuk mengurangi emisi karbon dan menjadi moda transportasi alternatif di berbagai negara dan kota. Kehadiran Beam di IPB University diharapkan dapat menurunkan emisi, menciptakan lapangan kerja baru dan tentunya dapat membantu meningkatkan peringkat green metric kampus IPB University,” ujarnya.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023