Karawang (Antara Megapolitan) - Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Peternakan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau agar para petani di daerah tersebut mewaspadai serangan organisme pengganggu tanaman jenis hama wereng.

"Sejumlah areal sawah saat ini sudah terserang hama wereng. Jadi petani harus mewaspadai serangan hama wereng itu," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Peternakan setempat Kadarisman, di Karawang, Minggu.

Hama wereng mulai menyerang areal persawahan di sejumlah daerah sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, namun hingga kini luas lahan yang diserang hama belum diketahui karena masih didata.

Tetapi diperkirakan, saat ini areal sawah yang terserang hama wereng mencapai puluhan hektare, tersebar di sejumlah daerah sekitar Karawang.

Selain mengimbau agar petani mewaspadai serangan hama wereng, Kadarisman juga meminta agar petugas penyuluh pertanian turun ke sawah bersama petani untuk meninjau kondisi sawah agar tidak terserang hama wereng.

Ia mengatakan, hama wereng menyerang areal sawah di sejumlah sekitar Karawang terjadi tanah sawah lembab. Itu terjadi karena faktor cuaca yang tidak menentu, kadang hujan dan kadang cerah.

"Serangan hama wereng itu sangat cepat merambat ke tanaman yang satu dengan tanaman yang lainnya," kata dia.

Diharapkan petani dan petugas penyuluh pertanian di Karawang benar-benar mewaspadai serangan hama wereng tersebut. Sebab, serangan hama wereng itu cukup berbahaya dan cukup cepat merambat ke tanaman lainnya.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016