Universitas Indonesia (UI) dan De La Salle University Filipina membahas aplikasi dan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) di lingkungan kampus agar berjalan dengan sesuai yang ditetapkan.

"Setiap tahunnya, UI mendapatkan nilai dan ranking untuk seluruh aktivitas SDGs yang telah dilakukan dan aktivitas akademik di universitas untuk dijadikan acuan perhitungan ranking universitas di dunia," kata Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI Prof. Vishnu Juwono di kampus UI Depok, Selasa.

Implementasi SDGs di Indonesia pun terintegrasi dengan pelaksanaan pembangunan di pusat dan daerah, yakni dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Baca juga: UI dan Tsinghua SIGS jalin kerja sama program internasional

Prof. Vishnu mengatakan UI rutin mensubmit data setiap tahun yang dibutuhkan The Times Higher Education (THE) untuk penilaian tersebut. Saat ini UI memperoleh ranking 20 dari 1591 institusi di dunia.

"Cara UI mempertahankan ranking SDG THE setiap tahunnya adalah dengan memonitoring dan mengevaluasi kegiatan yang diinisiasi secara berkala," jelasnya.

FIA UI memiliki sumber daya manusia yang khusus mengurus mengenai penerapan SDGs ini agar bisa fokus memantau data yang dibutuhkan untuk perankingan setiap tahunnya.

Baca juga: UI dan PT Cyber Edu Inkor kembangkan startup dan inovasi

Kunjungan yang dilakukan De La Salle University ke FIA UI untuk membahas penerapan dan aplikasi SDGs di lingkungan kampus.

Catherine Samaniego sebagai salah satu perwakilan dari De La Salle University menyatakan bahwa De La Salle University melakukan berbagai program dan cara untuk mewujudkan SDGs di kampus yakni, seperti proyek melawan polusi plastik.

Selain itu juga pengembangan penghalang reaktif yang permeabel; melakukan penelitian geopolimer; pemantauan kesehatan struktural yang cerdas; dan pembelajaran mesin untuk menganalisis data PISA; pendekatan pemetaan sistem untuk mengeksplorasi masalah kesehatan di tempat kerja; dan lainnya.

Baca juga: UI edukasi warga Desa Sukajaya Sumedang hasilkan produk rempah bernilai tinggi

Posisi kampus De La Salle University yang terletak di jantung kota Manila menjadi rumah bagi mahasiswa lokal dan internasional yang mencari pendidikan berkualitas untuk masa depan yang lebih cerah.

De La Salle University juga memiliki keberagaman akan budaya sehingga menjadi kampus yang dinamis dan beragam.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023