Touring Sukabumi Ngabumi yang diikuti oleh seribuan peserta dengan menggunakan sepeda motor yang dipimpin langsung Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Sabtu, merupakan salah satu ajang promosi pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  

"Tur dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 280 km tidak hanya diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi saja, tetapi seluruh elemen masyarakat mulai dari ormas, pecinta otomotif hingga masyarakat umum," kata Marwan.

Menurut Marwan, tujuan utama dari kegiatan ini selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-153 Kabupaten Sukabumi juga sebagai ajang promosi dunia pariwisata yang dimiliki oleh kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali tersebut.

Di mana dalam kegiatan ini peserta tur juga mendatangi atau singgah di berbagai destinasi wisata untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan kepada peserta tur yang berasal tidak hanya berasal dari dalam Kabupaten Sukabumi tetapi juga dari luar daerah.

Informasi yang dihimpun, Touring Sukabumi Ngabumi ini diikuti oleh sekitar 1.530 peserta dengan start atau keberangkatan dari halaman SMK Pertanian Sukaraja dan finis atau berakhir di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas yang merupakan pusat dari Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Di mana tur ini menempuh jarak sekitar 280 km.

Adapun Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam tur ini menggunakan sepeda motor Vespa tua yang didampingi Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman serta unsur TNI-Polri yang diikuti berbagai komunitas serta masyarakat umum.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan kegiatan ini dibarengi promosi destinasi pariwisata yang berada di wilayah timur hingga selatan Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan tur tersebut dilakukan selama dua hari, di mana hari pertama fokus pada perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 280 km dan diperkirakan memakan waktu sembilan. Selain itu di hari pertama ini juga, peserta mengunjungi tempat wisata dan produksi UMKM serta memberikan berbagai bantuan.

"Di hari pertama peserta berangkat dari Kecamatan Sukaraja dan finis di Kecamatan Ciemas tepatnya di Pantai Palangpang.  Di lokasi finis dilakukan berbagai kegiatan dan hiburan serta istirahat," kataya.

Kemudian di hari kedua atau pada Minggu, (27/8) peserta tur ke Pulau Kunti, Mandra dan yang lainnya yang ada di Kecamatan Ciemas serta akan melakukan penyelaman atau snorkling di laut serta puncaknya melaksanakan bakar ikan terpanjang di Pantai Palampang.   

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023