Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Depok Abdul Rahman mengatakan kualitas udara di kota setempat masih terbilang sedang berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

"Berdasarkan hasil ISPU, Kota Depok berada pada level sedang. Diharapkan masyarakat dapat bersinergi dalam menjaga kualitas udara," kata Abdul Rahman di Depok, Kamis.

Baca juga: Wali Kota sebut kualitas udara di Depok masih tergolong bersih dan aman dari polusi
Baca juga: Kualitas udara di Depok masih terbilang baik

Pria yang akrab disapa Abra ini menuturkan ISPU Kementerian Lingkungan Hidup merupakan aplikasi untuk mengukur indeks kualitas udara.

Alat tersebut ditempatkan di Balai Kota Depok sebagai rujukan mengetahui kualitas udara di daerah itu.

"Hasil kualitas udara yang dikeluarkan IQair ini menurut KLH dan tidak tahu di mana. Ini luar negeri dan alatnya nggak tahu di mana. Untuk Depok,  sekarang kualitas udaranya masih sedang," ujarnya.

Baca juga: Kualitas Udara di Empat Lokasi Depok Buruk

Abra mengajak masyarakat Kota Depok untuk melakukan hal yang membuat udara menjadi baik dengan tidak melakukan aktivitas yang mencemari lingkungan.

"Banyak hal dapat dilakukan, antara lain tidak melakukan pembakaran sampah, melakukan penanaman pohon, uji emisi secara berkala dan menggunakan transportasi massal," tuturnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023