Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berharap kegiatan pelatihan bertajuk 'Hyundai Academy Course 2023 yang dipusatkan di SMK Ananda Mitra Industri Deltamas mampu menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia lokal daerah itu.

"Pemkab Bekasi mengucapkan terima kasih kepada PT HMMI yang kesekian kalinya telah memberikan CSR dan Hyundai Academy Course ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga kerja lokal kabupaten Bekasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Dani mengatakan kegiatan ini bisa menjadi percontohan bagi perusahaan lain maupun kawasan industri yang ada di Kabupaten Bekasi. Ia meyakini jika perusahaan lain mengikuti upaya PT HMMI, maka angka pengangguran dapat terus ditekan.

Baca juga: Ikatan Praktisi HRD partisipasi tekan angka pengangguran di Kabupaten Bekasi

"Kalau semua perusahaan atau industri seperti ini, sangat luar biasa, sedikit demi sedikit bisa mengurangi angka pengangguran. Pemkab Bekasi juga terus berupaya semaksimal mungkin mengurangi angka pengangguran," katanya.

Dani juga berharap masyarakat Kabupaten Bekasi tidak hanya menjadi penonton di wilayah sendiri yang notabene dikenal sebagai daerah pemilik kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

"Seperti ada gula pasti ada semut, banyak pabrik pasti banyak pencari kerja, di daerah kami, Kabupaten Bekasi, lulusan sekolah setiap tahun cukup banyak. Ditambah lagi pencari kerja dari luar daerah," ucapnya.

Baca juga: Traveloka kerja sama dengan Kemenparekraf gelar pelatihan digital untuk 100.000 peserta

Pihaknya mengaku tidak kuasa menghalangi warga pendatang untuk mencari kerja di Kabupaten Bekasi namun demikian pemerintah daerah juga terus mengoptimalkan peningkatan kualitas sumber daya calon tenaga kerja lokal agar mampu bersaing di dunia industri.

"Sebagai wilayah NKRI tidak bisa menghalangi atau membendung para pencari kerja dari luar daerah, jadi satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal, sebagai upaya paling mendasar adalah meningkatkan kualitas SDM," ucap dia.

Baca juga: Kadin luncurkan kadinfornaker.id untuk pelatihan tenaga kerja

President Director PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) Lee Bong Kyu mengatakan Hyundai Academy Course adalah program CSR baru yang diluncurkan perusahaan sebagai kontribusi pengembangan teknologi melalui dukungan pendidikan bagi siswa di Kabupaten Bekasi.

"Dan secara khusus program ini memberikan pelatihan, beasiswa untuk peserta pelatihan kejuruan, serta perekrutan langsung siswa berbakat di masa yang akan datang. Kami terus mendoakan yang terbaik untuk Indonesia Maju," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023