Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar pelatihan spesialisasi pertolongan pertama di salah satu hotel di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, diikuti puluhan relawan hasil seleksi.

"Kegiatan pelatihan ini bertujuan agar anggota PMI mempunyai kompetensi dan mampu memberikan pertolongan secara profesional, kompeten, dan sesuai standarisasi PMI sebagai penunjang dalam berbagai pelayanan PMI di lapangan," kata Ketua PMI Kabupaten Bekasi Ahmad Kosasih usai membuka kegiatan di Bekasi, Selasa.

Dia menjelaskan keberadaan PMI Kabupaten Bekasi menjadi bagian penting dalam menjalankan amanah sebagai lembaga yang membantu pemerintah dalam bidang kemanusiaan.

Baca juga: PMI Bekasi salurkan 20 ribu liter air untuk warga terdampak kekeringan di sejumlah titik
Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi gelar kegiatan sunatan massal gratis

PMI Kabupaten Bekasi melalui dukungan pemerintah daerah terus berkomitmen mengoptimalkan sejumlah pelayanan kepada masyarakat, seperti pelayanan medis pertolongan pertama hingga layanan ambulans gratis.

"Saya berpesan kepada para peserta yang ikut dalam pelatihan ini untuk selalu semangat, terus memberikan pelayanan kemanusiaan optimal kepada masyarakat yang membutuhkan," ucap dia.

Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Diklat PMI Kabupaten Bekasi Teguh Wahyudi mengatakan kegiatan tersebut rangkaian program kerja tahun ini dengan tujuan peningkatan kapasitas kompetensi sumber daya manusia (SDM) PMI setempat.

Baca juga: PMI Bekasi fasilitasi Kumpul Bocah peringati Hari Anak Nasional 2023

"Ini merupakan rangkaian program kerja dalam bidang peningkatan SDM. Sebelumnya kita telah melakukan pelatihan 'vertical rescue' (penyelamatan di lokasi vertikal, red.)  hari ini pelatihan spesialisasi pertolongan pertama, selanjutnya pelatihan manajemen tanggap darurat bencana," kata dia.

Dirinya berharap melalui rangkaian kegiatan pelatihan ini, para relawan mendapatkan tambahan wawasan sehingga memiliki kompetensi khusus atau spesialisasi serta terlatih saat bertugas di lapangan.

"Para peserta dibekali perlengkapan dan peralatan pendukung di antaranya personal first aid kit (perangkat pertolongan pertama secara pribadi) dan perlengkapan terkait lain," kata dia. 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023