Dua nama mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tercatat masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon legislatif DPRD Karawang untuk Pemilu 2024.

Sesuai dengan pengumuman DCS anggota DPRD Karawang pada Pemilu 2024 yang dipantau pada Minggu, dua nama mantan Ketua KPU Karawang itu berada di dalam satu partai, yakni Partai Demokrat. 

Dua nama mantan Ketua KPU Karawang itu ialah Miftah Farid (periode 2018-2023) dan Emay Ahmad Maehi (periode 2003-2013). 

Miftah Farid tercatat dalam DCS dalam daerah pemilihan (dapil) V yang meliputi Kecamatan Cikampek, Jatisari, Tirtamulya, Banyusari dan Kecamatan Kotabaru. 

Sedangkan Emay Ahmad Maehi tercatat dalam DCS dapil II yang meliputi Kecamatan Rengasdengklok, Kutawaluya, Rawamerta, Jayakerta dan Kecamatan Cilebar.

KPU Karawang telah menetapkan sebanyak 692 bakal calon legislatif yang masuk dalam daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Karawang pada Pemilihan Umum 2024. 

Komisioner KPU Karawang Aceng Kasum Sanjaya, menyampaikan kalau nama bacaleg yang masuk DCS diumumkan sejak 19-23 Agustus 2023.

Ia menyampaikan pengumuman nama bakal caleg pada Pemilu itu di antaranya diumumkan di laman resmi KPU Karawang. 

Dari 692 bakal calon legislatif yang masuk DCS Pemilu 2024, sebanyak 444 orang di antaranya laki-laki, dan dari kaum perempuan sebanyak 248 orang. 

Sebelumnya KPU Karawang sebenarnya telah menerima 834 bakal caleg dari 18 partai politik peserta pemilu. Namun tidak semua lolos verifikasi. 

Setelah melalui verifikasi administrasi hingga proses perbaikan berkas, KPU Karawang menyatakan kalau terdapat 142 bakal caleg yang tidak memenuhi syarat.

Menurut dia, masyarakat dipersilakan untuk memberikan masukan maupun sanggahan terhadap nama-nama bakal caleg yang diumumkan dalam DCS tersebut. 

Catatan masukan dan sanggahan masyarakat bisa disampaikan secara langsung ke kantor KPU Karawang, dilengkapi dengan data valid dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Baca juga: KPU Karawang tetapkan 692 bacaleg masuk dalam DCS Pemilu 2024

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023