Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mengumumkan ada 762 nama dari 17 partai politik yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Kota Bogor untuk dipilih dalam Pemilu 2024 orang. 

Ketua KPU Kota Bogor Samsudin di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan bahwa penetapan DCS telah melalui pencermatan sesuai dengan aturan dan jadwal yang ditentukan KPU RI pada tanggal 6-11 Agustus 2023. 

"Per tanggal 19 sampai tanggal 23 ini, selama lima hari pengumuman DCS ini akan kami siar di media massa. Penetapan kami lakukan sesuai aturan," kata Samsudin. 

Samsudin menjelaskan jumlah 762 orang bakal calon legislatif yang masuk dalam DCS merupakan mereka yang telah melakukan berbagai proses verifikasi administrasi hingga faktual dan perbaikan berkas administrasi. 

KPU Kota Bogor sebelumnya telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, mulai tanggal 1-14 Mei 2023. 

Pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/5) pukul 00.00 WIB, hanya ada 17 partai yang mendaftarkan bacaleg dengan total 833 orang. Setelah melalui rangkaian tahapan pemilu 2024 ini, hanya ada 762 orang yang lolos masuk DCS dan 71 sisanya tidak lolos. 

Samsudin menerangkan, pendaftaran bacaleg berdasarkan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). 

Parpol pada tahapan sebelumnya, dapat mencalonkan caleg maksimal 100 persen dari jumlah kursi di tiap daerah pemilihan. Di Kota Bogor, terdapat 50 kursi anggota DPRD. 

Tahapan pendaftaran sebelumnya telah dilaksanakan dengan mekanisme "less paper" atau tanpa kertas yang artinya parpol mengunduh dan mengunggah dokumen secara digital di sistem informasi pencalonan (Silon) KPU. 

 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023