Pimpinan 18 Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menandatangani deklarasi pemilihan umum (pemilu) damai di Aula Sanika Satyawada, Mako Polres Bogor, Rabu.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan yang memimpin deklarasi, menjelaskan bahwa para pimpinan parpol di daerahnya telah berkomitmen mewujudkan pemilu damai dengan menandatangani dan membacakan naskah deklarasi.

"Dibacakan oleh seluruh peserta pemilu, deklarasi damai. Pada intinya teman-teman ketua partai sepakat dalam pelaksanaan pilpres dan pileg ini berkomitmen menjaga kondusifitas Kabupaten Bogor," ungkapnya.

Baca juga: Silaturahmi Bogor sepakati perkokohkan kebersamaan jelang pengumuman pemilu
Baca juga: Deklarasi pemilu damai ditandatangani peserta Pilkada Bogor

Para pimpinan parpol berkomitmen untuk tidak melakukan kampanye yang bersifat provokatif serta menyebarkan hoaks yang bisa berdampak pada perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

Para pimpinan parpol itu dari PDI Perjuangan, PKS, Perindo, Partai Nasdem, PBB, PKN, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Demokrat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hanura, Partai Gerindra, PKB, PSI, PAN, Partai Golkar, PPP, Partai Buruh, serta Partai Ummat.

Mereka membacakan empat poin deklarasi, pertama, akan melaksanakan pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Kedua, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Baca juga: Polresta Bogor deklarasikan Pemilu 2019 damai

Ketiga, menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Keempat, akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polres Bogor.

Pemilu untuk pemungutan suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD dan DPD dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023