Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meraup keuntungan hingga ratusan juta selama pertunjukan air mancur di Taman Air Sri Baduga pada akhir pekan lalu. 

"Pertunjukan air mancur yang digelar pada Sabtu (12/8) malam lalu benar-benar memberi peluang bagi para pelaku UMKM," kata Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, Eka Sugriana, di Purwakarta, Senin.

Ia menyampaikan, sekitar Rp500 juta berhasil diraup ratusan UMKM selama pertunjukan air mancur menari pada akhir pekan lalu. Pendapatan itu dihasilkan dari berbagai pemasaran produk UMKM yang meliputi produk kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk kreatif lainnya.

"Berbagai barang dagangan mereka banyak diserbu sekitar 10 ribu pengunjung yang datang dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan keindahan dan kemegahan atraksi air mancur menari," katanya.

Cukup besarnya omset yang berhasil diraup para pelaku UMKM tersebut mendapatkan apresiasi dari Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Menurut bupati, atraksi wisata budaya air mancur menari itu bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat khususnya bagi para pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Purwakarta.

"Berbagai atraksi budaya dan pertunjukan air mancur yang sangat indah itu memang menjadi daya tarik luar biasa menjaring wisatawan datang ke Purwakarta," katanya.

Potensi tersebut, kata dia, memang harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan ekonomi daerah yang pada akhirnya bertujuan untuk kesejahteraan rakyat.
 
Ia menyebutkan kalau pertunjukan air mancur di Taman Air Sri Baduga pada akhir pekan lalu dihadiri sekitar 10 ribu pengunjung. Mereka berasal dari berbagai daerah. 

Selain dari Purwakarta, pengunjung pertunjukan air mancur itu juga berasal dari Kabupaten Subang, Karawang, Bekasi, Bogor, Cianjur.

Bupati mengatakan kalau pertunjukan air mancur pada akhir pekan lalu digelar sebagai bagian dari perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023