Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan Festival Seluncur Cimaja atau Cimaja Surfing Festival (Surfival) 2023 yang juga diikuti oleh sejumlah atlet selancar dari luar negeri bisa menjadi ajang mempromosikan dunia wisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga ke mancanegara.
 
"Kejuaraan seluncur ini rutin digelar setiap tahunnya, tapi dalam beberapa tahun terakhir sempat tidak terlaksana akibat COVID-19 dan setelah pandemi berakhir, akhirnya kegiatan ini bisa kembali digelar dan acara tersebut pun tentu bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi dunia wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi," katanya di Sukabumi pada Minggu.
 
Festival Seluncur Cimaja ini diikuti sejumlah atlet dari Jerman, Australia, Swiss, Amerika Serikat, Jepang dan Inggris. Atlet dari luar negeri itu akan bertanding di kategori Women’s Divisi dan Under Sixteen, sementara Pro Open juga diikuti lima atlet peselancar dari Swiss.

Baca juga: Sekda: Festival Selancar Cimaja dongkrak popularitas pariwisata Sukabumi
 
Sementara atlet dalam negeri berasal dari Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Sumatera dan provinsi lainnya Mereka akan berkompetisi pada Open Divisi Cimaja Surfival.
 
Marwan mengatakan kegiatan yang dipusatkan di Pantai Cimaja, Kecamatan Cisolok ini selain menjadi ajang promosi wisata juga untuk mencari bibit atlet selancar, karena seperti diketahui Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah atlet selancar berkelas dunia.
 
Kompetisi olahraga air ini juga digelar dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-153.

Baca juga: Wabup: Festival Durian Lokal unggulan Sukabumi bisa menarik kunjungan wisatawan
 
"Ada empat divisi pada event Cimaja Surfival tahun ini yakni Open Divisi, Pro Open, Women’s Divisi, dan Under Sixteen," ketua panitia penyelenggara Cimaja Surfival 2023 Iman Nulhakim.
 
Atlet selancar asal Inggris Phil mengaku terpesona dengan kualitas ombak dan keindahan Pantai Cimaja. Ditambah ada festival layangan raksasa sehingga menambah meriah ajang olahraga ekstrem tersebut.
 
Dirinya pun merasa terhibur dan takjub dengan peragaan atraksi kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan dalam kegiatan itu salah satunya debus karena baru pertama kali dan tentunya sangat menarik.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023