Bekasi, 22/8 (ANTARA) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berharap para pendatang baru di wilayah setempat pascaperayaan Idul Fitri memiliki keterampilan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya mengimbau warga Kota Bekasi tidak membawa serta sanak familinya yang tidak berkemampuan dari kampung halaman usai mudik Lebaran," ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, di Bekasi, Selasa.

Tanpa memiliki kemampuan, kata dia, orang-orang demikian hanya akan menjadi beban tambahan bagi Pemerintah Kota Bekasi.

Imbauan tersebut sudah pernah disampaikan Rahmat secara langsung kepada pemudik saat memantau aktivitas pemberangkatan di Terminal Induk Kota Bekasi, beberapa waktu lalu.

Kepada pemudik, Rahmat mengingatkan agar kembali ke Kota Bekasi dengan selamat tanpa membawa famili yang tak memiliki kemampuan.

"Soalnya hidup di kota berbeda dengan di desa. Siapa pun yang tidak siap bersaing hanya akan menambah beban kami," kata Rahmat.

Lebih lanjut dikatakannya, operasi yustisi memang akan dilakukan untuk menjaring para pendatang tersebut. Namun operasi demikian tak serta merta melarang mereka datang ke Bekasi.

"Semua warga negara punya hak yang sama untuk mengadu nasib di mana pun. Selama punya kemampuan, silakan saja," katanya.



Andi F

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012