Bogor, 21/8 (ANTARA) - Kebun Raya Bogor selama libur Idul Fitri 1433 H dipadati para pengunjung yang berwisata bersama keluarga.

"Kunjungan Kebun Raya Bogor sudah dibuka sejak lebaran hari pertama, dari hari pertama hingga ke dua pengunjung cukup banyak," kata Koordinator Tiketing Kebun Raya Bogor, Upun, Selasa.

Upun menyebutkan, pada hari pertama lebaran pengunjung Kebun Raya Bogor sebanyak 3.000 orang, begitu juga pada hari lebaran ke dua lebih banyak dibandingkan lebaran hari pertama.

Menurut Upun, jumlah pengunjung lebaran tahun ini jauh lebih banyak dari periode lebaran tahun sebelumnya, karena pada hari pertama lebaran tercatat hanya 2.500 pengunjung.

Upun mengatakan, kebanyakan pengunjung yang datang terdiri dari satu keluarga. Mereka umumnya berwisata sambil menikmati suasana alam di Kebun Raya Bogor.

Tidak ada promo atau program khusus yang disuguhkan oleh Kebun Raya selama libur lebaran.

"Kami tidak menyediakan program khusus, biasa aja. Hanya saja, karena pengunjung banyak kita mendirikan posko kesehatan, posko keamanan serta meningkatkan layanan kebersihan," kata Upun.

Sementara itu, suasana di Kebun Raya Bogor terlihat banyak pengunjung. Mereka tersebar di titik-titik kebun raya.

Septia salah salah pengunjung dari Tanggerang menyebutkan, sengaja datang berkunjung bersama keluarga untuk memanfaatkan waktu liburan di Kebun Raya Bogor.

"Lebih adem aja di Kebun Raya, sambil wisata alam, menikmati hijau kalau di Tanggerangkan panas," katanya.

Berbeda dengan Septia, Ratih datang bersama suami dan dua anaknya ke Kebun Raya Bogor dengan angkutan umum.

Ratih datang dari Jakarta menggunakan kereta, dari Stasiun ia naik angkutan umum menuju Kebun Raya Bogor.

"Kami naik kereta berangkat pagi dari Jakarta," katanya.

Selain wisatawan domestik, Kebun Raya Bogor juga dikunjungi wisatawan mancanegara.

Menurut Upun, wisatawan macanegara cukup banyak datang ke Kebun Raya Bogor. Jumlahnya 10 persen dari total wisatawan domestik.

Padatnya pengunjung membawa untung bagi pedagang di Kebun Raya Bogor.

Pedagang guci hiasan di depan Gerbang 4 Kebun Raya Bogor, Nurdin mengaku selama lebaran barang dagangannya ramai dibeli pengunjung.

"Lumayan ramai, biasanya habis 100 guchi, bisa 300 an selama libur ini," katanya.  
Sementara itu, suasana hari ke tiga lebaran di Kota Bogor, pusat-pusat wisata ramai di kunjungi. Salah satunya kunjungan memberi makan rusa di depan Istana Bogor juga terlihat banyak pengunjung.

Memberi makan rusa di depan Istana Bogor menjadi salah satu alternatif kunjungan wisata ke Kota Bogor.
 


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012