Palang Merah Indonesia Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memfasilitasi kegiatan 'Kumpul Bocah' dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2023 sebagai bentuk perhatian khusus kepada generasi penerus Bangsa.

"Kegiatan ini merupakan implementasi lanjutan dari program rutin PMI 'Nyaba Bocah Kolaan/Komunitas' dengan mengangkat tema Belajar, Bermain, Menolong, dan Bercita-cita sebagai konteks dasar pembelajaran dan teknik bersosialisasi PMI yang diperuntukkan bagi anak-anak," kata Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih di TBM Rumah Pelangi Bekasi, Jumat.

Dia menjelaskan 'Kumpul Bocah' menjadi momentum baik bagi anak yang merupakan bagian generasi penerus khususnya relawan kepalangmerahan, melalui sosialisasi dan edukasi sebagai salah satu teknik pendekatan dini.

Baca juga: Tingkatkan kapasitas personel PMI gelar latihan penyelamatan di ketinggian

"Kita juga fokus melatih kepekaan terhadap hal-hal mendasar yang mungkin harus diketahui sejak dini oleh anak-anak dan para orang tua terkait dengan penanganan keselamatan terhadap suatu kejadian maupun peristiwa yang dekat dengan kehidupan sehari-hari," katanya.

Kegiatan pelayanan dan edukasi ini diisi dengan pemberian materi pertolongan pertama untuk para orang tua dan relawan muda Rumah Pelangi dalam kasus penanganan tersedak pada anak oleh pemateri dari Safe Kids Indonesia.

Kemudian ada juga materi kelas daur ulang menjadi sebuah kreasi kepada anak-anak TBM Rumah Pelangi yang diisi langsung oleh Kepala SDIT Ziadatul Irfan Tarumajaya Adi Supriadi.

"Kemudian juga edukasi PMI Kabupaten Bekasi yaitu pemberian materi tentang kualitas air bersih dan praktik cuci tangan pakai sabun kepada anak-anak dan warga oleh Tim WASH Palang Merah Indonesia," ucapnya.

Baca juga: PMI Bekasi beri layanan pengobatan gratis warga terdampak banjir

Kosasih mengaku Kumpul Bocah ini merupakan bagian dari kegiatan kolaborasi PMI Kabupaten Bekasi bersama instansi yang ingin memberikan edukasi tambahan untuk anak-anak maupun warga masyarakat.

PMI Kabupaten Bekasi dalam kesempatan ini memberikan pelayanan cek kesehatan bagi warga, serta pemeriksaan indeks massa tubuh dan golongan darah untuk anak-anak.

Pihaknya juga menyalurkan bantuan paket sembako dan alat tulis kepada 30 anak yatim TBM Rumah Pelangi, selain sosialisasi kepalangmerahan, pertolongan pertama, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kebencanaan, hingga pembagian mainan anak.

Kemudian pemberian buku bacaan untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Pelangi, media komunikasi, informasi, dan edukasi, serta fasilitas cuci tangan dilengkapi stiker, poster, dan spanduk PHBS.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi distribusikan air bersih bagi warga korban banjir

"Kami juga membuka kesempatan kepada empat orang anak dari TBM Rumah Pelangi untuk ikut kegiatan khitanan massal PMI Kabupaten Bekasi," ucap dia.

Kegiatan Kumpul Bocah ini berlangsung meriah dengan dihadiri sebanyak 285 peserta terdiri atas 60 panitia dari Relawan Rumah Pelangi dan PMI Kabupaten Bekasi, serta 225 anak dan warga penerima manfaat.

"Kegiatan ini didukung beberapa instansi terkait lain seperti perangkat daerah, pihak swasta, dan juga beberapa sekolah menengah atas lain," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023